nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelapkan Dana Umrah, Ibu Berhijab Ini Ditangkap di Rumah Mewah

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 23:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 18 609 2068004 gelapkan-dana-umrah-ibu-berhijab-ini-ditangkap-di-rumah-mewah-gvvgtjBntY.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

MAKASSAR - Tim Khusus Polda Sulawesi Selatan mengungkap kasus dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan menggunakan dana calon jamaah umrah.

Dari pengungkapan itu, Tim Khusus meringkus seorang emak-emak atas nama Maryam (40) terduga pelaku. Ia diringkus di sebuah perumahan elit yang ada di Kabupaten, Maros, Sulawesi Selatan.

Komandan Tim Khusus Polda Sulsel Ipda Puang Baso Artenius MB mengatakan berdasarkan laporan polisi dan surat perintah penangkapan pada Senin 17 Juni 2019, sekitar pukul 20.00 Wita kemarin.

"Maka Tim khusus mulai melaksanakan penyelidikan tentang keberadaan tersangka itu," kata Arten kepada Okezone, Selasa (18/6/2019).

 Penangkapan

Arten menuturkan, penangkapan dilakukan setelah diperoleh informasi tentang keberadaan rumah tersangka. Sehingga kata Arten tim bergerak ke perumahan Branch Village, Moncongloe Kabupaten, Maros, Sulawesi Selatan.

"Kita ke rumah di perumahan tersebut dan langsung mengamankan tersangka. Dari hasil interogasi awal diperoleh keterangan bahwa tersangka memang benar menggelapkan sejumlah dana jamaah umrah dari jasa perjalanan atas nama Travel Sabila," sebut Arten.

Selain itu, sambung Arten jumlah dana yang digelapkan oleh tersangka mencapai sebesar Rp400 juta. Maryam dalam kasus ini berjanji akan memberangkatkan korban jamaah Travel Sabila ke tanah suci.

"Dalam hal ini tersangka bekerja sama dengan travel sabila untuk memberangkatkan jamaah umrah namun dana tersebut tidak di storkan pada travel sabila," jelas Arten.

 Penjara

Arten mengungkapkan, dari keterangan tersangka dana tersebut dipakai untuk menyewa Ruko dan perlengkapan serta dipakai dana operasional dalam hal pengurusan jamaah umrah tersebut.

"Jadi perusahan travel umrah miliknya yaitu CV. Maryam Nur Rasyd sudah bekerja sama dengan Travel Umrah sabila selama 3 tahun," tutur Arten.

Saat ini tersangka merupakan warga Kelurahan Manggala Kecamatan Manggala Kota Makassar ini diserahkan ke Penyidik Subdit II Harda Ditkrimum Polda Sulsel untuk proses penyidikan lebih lanjut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini