nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

68 Desa di Kabupaten Purworejo Kesulitan Air Bersih

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 02:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 24 512 2069979 68-desa-di-kabupaten-purworejo-kesulitan-air-bersih-v2rcQKMni3.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

PURWOREJO - Pada awal musim kemarau ini, bencana kekeringan mulai melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo. Bahkan dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, sudah terdapat 68 desa di 11 dari 16 Kecamatan di Purworejo mulai kesulitan air bersih.

“Ada tujuh desa yang pada musim kemarau sebelumnya tidak pernah mengalami kesulitan air bersih, kini mengajukan bantuan air bersih,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Purworejo Drs Sutrisno MSi.

Dari data baru, ketujuh desa yang kini mengalami kesulitan air bersih itu diantaranya Desa Clapar dan Kalirejo di Kecamatan Bagelen, Desa Karangsari dan Desa Pekacangan di Kecamatan Bener, serta Desa Kalikalong, Kalinongko, dan Kaliglagah di Kecamatan Loano.

 Kekeringan

Sementara 68 desa yang mengalami kesulitan air bersih masing-masing tersebar di Kecamatan Bener 10 desa, Kecamatan Loano dan Bagelen masing-masing sembilan desa. Di Kecamatan Purworejo tujuh desa, Kecamatan Kemiri, Pituruh dan Bayan masing-masing enam desa, Kecamatan Kaligesing, Grabag, dan Banyuurip masing-masing empat desa, serta Kecamatan Gebang tiga desa.

Dari desa-desa yang mengalami kesulitan air bersih itu lanjut Sutrisno, sudah ada enam desa yang menerima droping air bersih masing-masing Desa Somorejo Kecamatan Bagelen, Desa Rowodadi Kecamatan Grabag, Desa Wonotulus, Donorati dan Sidomulyo di Kecamatan Purworejo, serta Desa Rendeng Kecamatan Gebang.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini