nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Gelombang Laut Capai 4 Meter Terjang NTT

Adi Rianghepat, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 22:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 340 2074702 hati-hati-gelombang-laut-capai-4-meter-terjang-ntt-FlHL01sdL8.jpg Ilustrasi

KUPANG - Angin kencang dan gelombang tinggi berpotensi terjadi di sejumlah perairan wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kecepatan angin dan gelombang tinggi mencapai 4 meter itu sangat membahayakan pelayaran dan aktivitas di laut. BMKG pun mengeluarkan imbauan waspada itu.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang Ota Welly Jenni Thalo Kamis (4/7/2019) mengatakan, angin kencang dan gelombang tinggi di sejumlah perairan provinsi berbasis kepulauan itu bakal terjadi hingga Minggu 7 Juli 2019 mendatang. Dia menyebutkan kecepatan angin berkisar antara 4 - 25 knot yang berhembus dari arah selatan ke barat daya. Hal sama juga terhadap kecepatan angin dari arah timur ke tenggara.

Sementara untuk tinggi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan sekitar Selat Sape bagian Selatan, Selat Ombai, perairan Selatan Kupang Pulau Rote, Laut Timor Selatan NTT dan Laut Sawu. Sedangkan sejumlah perairan dengan ketinggian gelombang 2,5 meter sampai 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan Barat dan Selatan Pulau Sawu, Selat Sumba bagian Barat dan Samudera Hindia Selatan NTT.

ilustrasi

Kondisi ini menurut dia sangat membahayakan aktivitas pelayaran di laut. Karena itu dia mengimbau kepada para nelayan, otoritas pelayaran lain, sepertikapal tongkang, kapal ferry, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar.

Tidak hanya untuk aktivitas pelayaran, dia juga meminta warga pesisir yang berada di kawasan perairan dengan gelombang tinggi untuk juga waspada.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini