Terkait Habib Rizieq, TKN: Jika Merasa Tak Bersalah, Hadapi dengan Pulang ke Tanah Air

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 07:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 10 605 2076861 terkait-habib-rizieq-tkn-jika-merasa-tak-bersalah-hadapi-dengan-pulang-ke-tanah-air-0iwdpNM3X3.jpg Habib Rizieq Shihab.

JAKARTA - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily menilai, seharusnya persoalan hukum Habib Rizieq tak diseret dalam syarat rekonsiliasi antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto.

“Kalau Rizieq Shihab mau pulang ya pulang saja. Kalau dia tidak merasa bersalah secara hukum, hadapi saja dengan pulang ke Tanah Air, tidak perlu diistimewakan segala. Katanya equality before the law (semua sama di mata hukum),” ujar Ace kepada Okezone di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Ucapan Ace ini merespons pernyataan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang membenarka syarat rekonsolisiasi dari Prabowo kepada Jokowi adalah pemulangan Habib Rizieq ke Indonesia.

Kasus Dugaan Makar, Rizieq Shihab Diperiksa Polda Metro Jaya

Ace menilai seharusnya permasalah hukum harus dipisahkan dengan politik. Karena hukum mempunyai jalur sendiri dan tak bisa diintervensi dengan persoalan politik.

Baca juga: Menhan: Pemulangan Habib Rizieq Masalah Politik, Perlu Negosiasi

“Kalau persoalan hukum, kita harus pisahkan dengan politik. Proses hukum biarlah menjadi ranah hukum jangan diintervensi persoalan politik,” tuturnya.

Sebelumnya dibritakan, Muzani mengatakan, dalam komunikasi politik harus menjauhkan dendam agar rekonsiliasi bisa dilakukan dengan baik.

"Atau rekonsiliasi tidak mungkin terjadi kalau kemudian suasana dan pikiran (dendam) itu juga terjadi. Suasana itu harus diredakan, harus dikendurkan sehingga islah itu menjadi sesuatu yang kuat," kata Muzani di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa 9 Juli 2019. (qlh)

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini