nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Pernyataan Ratna Sarumpaet Setelah Divonis 2 Tahun Penjara

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 19:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 11 337 2077743 ini-pernyataan-ratna-sarumpaet-setelah-divonis-2-tahun-penjara-ZqBPC2fBOA.jpg Ratna Sarumpaet divonis 2 tahun penjara (Foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Ratna Sarumpaet dengan hukuman 2 tahun penjara lantaran dinilai bersalah menyebarkan berita bohong dan membuat keonaran. Setelah mendengarkan sidang putusan, Ratna menyatakan dirinya merasa keberatan dengan putusan hakim.

"Jadi gini, karena dia eksplisit bilang saya melanggar pasal keonaran, itu membuat saya menjadi satu signal bahwa Indonesia masih jauh masih, harus berjuang sekuatnya untuk menjadi negara hukum yang benar," tutur Ratna di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).

Ratna mengatakan, meski hanya divonis dua tahun penjara yang jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa dengan 6 tahun penajra, ia merasa masih ada ketidakadilan yang terlihat pada sidang tersebut.

"Benih-benih itu kan kata yang ditambal sedemikian rupa, kamuflase, hukum itukan butuh kepastian. Tidak bisa benih-benih kok tiba-tiba memunculkan itu, nanti harus dibongkar di kamus Bahasa Indonesia," katanya.

Ratna Sarumpaet

Baca Juga: Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Baca Juga: Ketimbang Jadi Menteri, Ahok Pilih Kerja Cari Duit

Apalagi, ibu dari Atiqah Hasiholan tersebut keukeuh apa yang sudah diperbuatanya tidaklah menimbulkan keonaran. Sehingga, dia pun hanya bisa bersabar terkait vonis yang sudah diberikan majelis hakim.

"Kalau ada alasan lain mungkin saya masih menerima. Dalam logika dasar saya keonaran bukan seperti yang saya lakukan. Seperti yang saya katakan di awal sebelum persidangan, ini politik jadi saya bersabar saja," papar Ratna.

Sebelumnya diketahui, Majelis Hakim memvonis Ratna Sarumpaet dua tahun atas kasus penyebaran berita bohong yang menjeratnya. Ratna terbukti bersalah, sesuai Pasal 14 Ayat (1) Undang Undang nomor 1 tahun 1947 lantaran kebohongan yang dia buat menimbulkan keonaran.

"Terdakwa Ratna Sarumpaet telah terbukti secara sah bersalah menyebar pemberitaan bohong. Menjatuhkan terdakwa dengan pidana penjara selama dua tahun," kata Ketua Majelis Hakim, Joni.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini