nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Siap Perang Terkait Taiwan, Militer AS Kirim Kapal

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 25 18 2083492 china-siap-perang-terkait-taiwan-militer-as-kirim-kapal-4hdZISpSlS.jpg Kapal perang AS Antietam. Foto/Reuters

WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) mengirim kapal perang Angkatan Laut ke Selat Taiwan, yang memisahkan Taiwan dan China. Langkah tersebut menambah ketegangan antara AS-China.

China pada Rabu (25/7/2019) memperingatkan bahwa negara itu siap berperang jika ada langkah menuju kemerdekaan Taiwan. Mereka juga mengecam Amerika Serikat telah menjual senjata ke Taiwan.

Foto/Reuters

Kapal perang yang dikirim ke Selat Taiwan berukuran 180 km diidentifikasi sebagai Antietam.

“Transit (kapal) melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Komandan Clay Doss, juru bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, mengutip Reuters, Kamis (25/7/2019).

"Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional," tambahnya.

Baca juga: China Kritik Kunjungan Pemimpin Taiwan ke AS

Baca juga: Xi Jinping Minta Pasukan China Siap Tempur di Tengah Ketegangan dengan Taiwan

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan kapal AS berlayar ke utara melalui Selat Taiwan.

"Taiwan tidak kompromi soal kebebasan, demokrasi dan kedaulatannya," kata Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

“Tanggung jawab untuk stabilitas lintas selat dan regional ada di tangan setiap pihak. China memiliki tanggung jawab, dan kami juga akan mengambil tanggung jawab kami,” kata Tsai kepada wartawan di Taipei.

Foto/Reuters

China meningkatkan tekanan untuk menegaskan kedaulatannya atas Taiwan.

Taiwan memisahkan diri dari China pada 1949 setelah berlangsungnya perang saudara. China menawarkan Taiwan untuk kembali ke China dengan imbalan satu negara dua sistem tapi usulan itu ditolak oleh Taiwan.

Sebelumnya, juru bicara kementerian pertahanan China Wu Qian mengatakan bahwa China akan melakukan upaya apa pun untuk menyatukan Taiwan degna China.

"Jika ada orang yang berani mencoba memisahkan Taiwan dari negara China, militer China siap berperang untuk menjaga kedaulatan nasional, persatuan dan integritas teritorial," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini