Gerindra Tegaskan Rekonsiliasi dengan Jokowi Bukan untuk Barter Kursi Ketua MPR

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 07:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 08 605 2089143 gerindra-tegaskan-rekonsiliasi-dengan-jokowi-bukan-untuk-barter-kursi-ketua-mpr-M2Us8Lyqcs.jpg Wasekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade. (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Partai Gerindra menegaskan rekonsiliasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), beberapa waktu lalu, bukan sebagai syarat untuk mendapatkan kursi ketua MPR. Meski begitu, Gerindra memang menginginkan kursi ketua MPR.

Partai Gerindra mempersilakan partai lainnya untuk bersaing memperoleh kursi ketua MPR. Termasuk, Partai Golkar yang juga sedang mengincar jabatan 'empuk' di MPR.

"Terserah masing-masing partai aja. Kan itu hak Golkar (yang ingin kursi Ketua MPR-red). Yang jelas, Gerindra tidak pernah mensyaratkan rekonsiliasi harus dapat Ketua MPR," kata Wasekjen DPP Gerindra, Andre Rosiade kepada Okezone, Kamis (8/8/2019).

Menurut Andre, keputusan Gerindra untuk dapat kursi Ketua MPR bukan ada di Presiden Jokowi, melainkan di Prabowo. Ia menekankan, semua keputusan untuk bergabung di pemerintahan ada di tangan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade

"Urusan Gerindra mau masuk atau tidak keputusannya ada di Pak Prabowo," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo sudah pernah bertemu pasca-tahapan Pilpres 2019 berakhir. Kedua tokoh tersebut bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga melanjutkan makan siang bersama di sebuah restoran di Senayan, pada Sabtu, 13 Juli 2019.

Pertemuan te‎rsebut menjadi pintu jembatan rekonsiliasi antara Prabowo dengan Jokowi yang sempat berseteru di Pilpres 2019. Bahkan, Jokowi sudah menyatakan akan merundingkan kembali dengan Koalisi Indonesia Kerja soal kemungkinan Gerindra bergabung dengan pemerintah.‎


Baca Juga : PDIP Diyakini Berikan Kursi Ketua MPR ke Golkar

Tak hanya dengan Jokowi, Prabowo juga sudah bertemu dengan Ketum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, beberapa waktu lalu. Pertemuan tersebut menjadi sinyal kuat bahwa Gerindra akan merapat ke pemerintahan.


Baca Juga : PKB: Kewenangan Ketua MPR Seksi sehingga Diperebutkan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini