Kabar Koalisi dengan PDIP, Gerindra: Kalau Pilkada Mungkin-Mungkin Saja

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 08:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 11 605 2090437 kabar-koalisi-dengan-pdip-gerindra-kalau-pilkada-mungkin-mungkin-saja-cbGhaRFY6J.jpg

JAKARTA - Partai Gerindra menepis kabar jika pertemuan yang dilakukan Ketumnya Prabowo Subianto dengan Ketum PDI Perjuangan sudah terjadi deal politik untuk pilpres 2024.

"Ya pak Jokowi aja belum dilantik tahun 2019. Masa kita mikirin untuk 2024?," kata Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade kepada Okezone, Minggu (11/8/2019).

Namun Andre tak memungkiri keduanya bisa saja berbicara ihwal kerjasama koalisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

"Kalo pilkada mungkin-mungkin saja," ujarnya.

Prabowo dan Megawati

"Tapi tergantung dinamika pokitik di wilayah masing-masing. Karena kalo Pilkada ditentukan dengan dinamika politik yang berkembang di wilayah tersebut," tambahnya.

Diketahui hubungan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto semakin harmonis. Banyak yang memprediksi langkah ini merupakan sebuah bentuk PDIP dan Gerindra bakal kembali berkoalisi di Pilpres 2024 mendatang.

Hubungan Megawati dan Prabowo memang berlangsung sejak lama. Mereka pernah berpasangan pada Pilpres tahun 2009 silam, namu kalah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca Juga: Megawati-Prabowo Mesra, Sinyal PDIP-Gerindra Bangun Kekuatan Menuju 2024?

Ditambah keduanya kembali bekerjasama pada Pilkada Jakarta 2012 silam. Kedua ketum parpol menjadi King Maker dengan mengusung Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kemudian terpilih menjadi gubernur-wagub DKI.

Namun pada Pemilu tahun 2014 keduanya memiliki pandangan berbeda, Megawati mengusung Jokowi-Jusuf Kalla dan Prabowo maju sebagi capres berpasangan dengan Hatta Rajasa.

Berlanjut di 2019 Megawati kembali mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin untuk bertarung dengan Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini