nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Palembang Punya Telok Abang untuk Menyambut Kemerdekaan Indonesia

Melly Puspita, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 17 610 2093257 palembang-punya-telok-abang-untuk-menyambut-kemerdekaan-indonesia-kG2NXR7CEu.jpg Telok Abang khas Kota Palembang, Sumatera Selatan, dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. (Foto: Melly Puspita/Okezone)

PALEMBANG – Masyarakat Tanah Air mempunyai tradisi dan cara tersendiri dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya seperti dilakukan warga Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Di Palembang, peringatan 17 Agustus dirasa kurang meriah jika tidak ada Telok Abang. Ini merupakan telur yang diwarnai merah dengan pewarna kue, kemudian diletakkan dalam miniatur kapal, becak, atau pesawat yang dibuat memakai kardus, kayu, maupun styrofoam.

Baca juga: Ketika Jokowi Salami Komandan Upacara HUT Ke-74 RI 

Dikarenakan harga kayu yang mahal, sekarang pembuatan miniatur kapal dan pesawat lebih banyak menggunakan kardus. Para penjual musiman Telok Abang biasanya menjajakan dagangannya di emperan jalan hingga memenuhi sudut Kota Palembang.

Telok Abang memiliki arti tersendiri. Bukan sekadar mainan, namun juga sebagai simbol perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Telok Abang khas Palembang. (Foto: Melly Puspita/Okezone)

Fendi, salah satu penjual Telok Abang, mengatakan menjajakan Telok Abang sudah menjadi rutinitas turun-temurun keluarganya. Biasanya Telok Abang dijual 10 hari menjelang hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Banyak peminatnya karena Telok Abang hanya ada di bulan Agustus. Kalau harganya bervariasi dari Rp25 ribu sampai Rp40 ribu, tergantung bentuk dan ukuran miniatur Telok Abang yang dipilih pembeli," ucap Fendi.

Baca juga: Dubes Singapura Ucapkan Selamat HUT Ke-74 RI dengan Berpantun 

Telok Abang sudah menjadi tradisi yang melekat bagi masyarakat Kota Palembang. Telok Abang berbentuk kapal karena di Palembang dikelilingi sungai seperti Musi, Ogan, dan lainnya.

Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dirasa kurang meriah jika Telok Abang tidak ada. Dikarenakan bentuknya unik, selain anak-anak, Telok Abang juga banyak diminati orang dewasa.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini