nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Keberanian Ratusan Penyelam Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Selat Sunda

Rasyid Ridho , Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 05:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 18 340 2093393 melihat-keberanian-ratusan-penyelam-kibarkan-merah-putih-di-bawah-laut-selat-sunda-x2oSZVwrPA.jpg Pengibaran bendera merah putih di Selat Sunda. (Ist)

SERANG – Ratusan penyelam dari berbagai elemen di Provinsi Banten mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Selat Sunda tepatnya di Perairan Sangiang, Kabupaten Serang, Sabtu (17/9/2019).

Para penyelam ini berangkat dari Anyer sekitar pukul 08.00 WIB. Sejumlah kapal patroli baik Patkamla Badak, Patkamla Panaitan, KAL Tamposo, Kapal Patroli Ditpolairud Murai, Kapal Drupada dan RIB Basarnas Banten serta kapal nelayan setempat turut mengantarkan para penyelam ke Sangiang.

Setibanya di lokasi, para penyelam langsung mempersiapkan berbagai peralatan. Satu per satu, penyelam langsung terjun ke dasar laut sedalam 8 meter itu.

Dalam upacara ini, penyelam berbaris di dasar laut dengan membentuk formasi tepat dihadapan tiang bendera. Upacara ini dipimpin Komandan TNI AL (Danlanal) Banten, Letkol Laut (P) Golkariansyah selaku Inspektur Upacara. Bertindak selaku Komandan Upacara, Serma Saparudin dari Grup 1 Kopassus Serang.

Pengibaran bendera merah putih di Selat Sunda. (Ist)

"Dengan semangat 17 Agustus ini, kita pererat persatuan dan kesatuan dengan mengibarkan bendera laut, membentangkan bendera di bawah laut. Ini menunjukan semangat kita," ujar Danlanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah.

Danlanal mengatakan, pengibaran bendera merah putih di bawah laut Sangiang memiliki tantangan alam yang berat terutama arus yang kuat. Namun dengan semangat kebersamaan yang tinggi, seluruh penyelam bisa melaksanakan upacara dengan tenang dan aman.

"Pada saat pembentangan bendera tadi, arus sangat kencang. Ini tidak sama dengan membentangkan bendera di darat. Ini kita menghadapi arus, kemudian angin dan segala macamnya. Tetapi dengan semangat tadi, semua dapat terlaksana," paparnya.


Baca Juga : Rayakan HUT RI, Warga Tangerang Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 74 Meter

Sementara, Ketua POSSI Cilegon, Irfan Ali Hakim menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengibaran bendera di Sangiang.

"Tugas kita sebagai penerus bangsa, harus selalu menggelorakan semangat nasionalisme. Dengan pengibaran ini, tugas kita lah untuk selalu menjaga dan melestarikan alam yang indah di bawah laut kita ini di Banten," kata dia.


Baca Juga : Di Tengah Padamkan Kebakaran, Satgas Karhutla Riau Ikut Meriahkan HUT RI

(erh)

Berita Terkait

HUT Ke-74 RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini