nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Penumpang Kapal Terbakar di Konawe Melebihi Manifes

Asdar Zuula, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 00:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 340 2094068 jumlah-penumpang-kapal-terbakar-di-konawe-melebihi-manifes-dCLCvNWDmu.jpg Petugas mencari penumpang kapal yang terbakar di Konawe. (Foto: Asdar Zuula/Okezone)

KONAWE – Kapal Motor (KM) Izhar yang terbakar di Perairan Tapulaga, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, disebut laik beroperasi. Hal ini sebagaimana dijelaskan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari.

Kepala KSOP Kendari Benyamin Ginting mengatakan KM Izhar belum lama diperiksa, sekira April 2019, dan dinyatakan laik beroperasi.

Baca juga: Kapal Penumpang Terbakar di Konawe Sultra, 7 Orang Tewas 

Sementara manifes kapal yang diterima KSOP sebelum berlayar berjumlah 33 orang, sesuai sertifikat laik beroperasi. Sayangnya ketika peristiwa itu terjadi, Jumat 16 Agustus 2019 malam, jumlah penumpang melebihi manifes yang dilaporkan Kapten KM Izhar kepada KSOP Kendari.

"Kemarin yang tercatat manifesnya itu sesuai sertifikat 33 orang. Ada juga surat pernyataan yang menyatakan bahwa nakhoda bertanggung jawab penumpang yang diangkut tidak melebihi kapasitas yang diizinkan sesuai sertifikat keselamatan, tapi nyatanya setelah terjadi kecelakaan kapal ini. Setelah dilakukan evaluasi sampai sekarang, catatan kami sudah ada 69 orang," ungkap Benyamin.

Hal tersebut juga diungkapkan Jojo Arianto (23), penumpang KM Izhar yang selamat dari peristiwa ini. Ia mengatakan, jumlah penumpang KM Izhar saat bertolak dari Pelabuhan Kendari menuju Morowali, Sulawesi Tengah, kurang lebih 100 orang.

"Padat juga, ada yang di dalam, ada yang di luar, dan di atas. Pokoknya melebihilah 100 (penumpang), karena jumlah kasur saja 80," jelas Jojo.

Baca juga: Sebelum Terbakar, Penumpang Ingatkan ABK KM Izhar Jangan Main Handphone Dekat Mesin 

Data terbaru Basarnas Kendari hingga Senin 19 Agustus 2019 siang, total penumpang KM Izhar 87 orang, di antaranya 74 selamat, 7 orang meninggal dunia, dan 6 masih pencarian.

Angka tersebut bertambah dari data sebelumnya. Keluarga penumpang KM Izhar terus mendatangi Posko Basarnas Kendari, di Desa Bajoe, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, untuk melaporkan anggota keluarga mereka yang ikut di kapal tersebut.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini