Ribuan Obor dan Salawat Nabi Sambut Tahun Baru Islam di Mandailing Natal

Liansah Rangkuti, Okezone · Minggu 01 September 2019 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 01 340 2099117 ribuan-obor-dan-salawat-nabi-sambut-tahun-baru-islam-di-mandailing-natal-hdLxM7g5WZ.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

MADINA - Ribuan obor dan lantunan salawat ramaikan penyambutan 1 Muharram 1441 hijriyah di Kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Sabtu (31/08/2019).

"Alhamdulillah tadi kita sangat bersyukur kegiatan pawai ini berjalan lancar dengan baik saat masyarakat melakukan pawai di Jalan Willem Iskander bisa kita rasakan bagaimana menyambut tahun baru ummat sebagai Islam," kata Fikri Lubis, salah satu santri saat di temui Okezone saat pawai obor.

Memang dari tahun ke tahun, pawai obor selalu mewarnai memeriahkan penyambutan tahun baru Islam di Kabupaten Mandailing Natal. Pantauan Okezone, terlihat para petugas dari kepolisian memberikan pengamanan dan pengaturan lalulintas saat kegiatan berlangsung.

"Ya kita selalu membuat laporan untuk pengamanan ke pihak kepolisian untuk kegiatan ini, tadi kita pawai dari AEK Godang sampai Pasar Lama Panyabungan sekira 5 kilometer dan kegiatan ini mudah-mudahan menjadi suatau ukhuwah persaudaraan kita umat beragama," tambah Fikri.

Pawai Obor Madina

Terpisah, tidak hanya di jalan besar, pawai obor dilaksanakan oleh para warga Mandailing Natal, terlihat juga di gang sempit kegiatan pawai obor dilaksanakan, seperti di Kelurahan Kotasiantar Kecamatan Panyabungan.

"Kita juga selalu melakukan pawai ini dari tahun ketahun, dan antusias masyarakat sangat untuk mengikuti pawa ini di kelurahan ini, namun tahun lalu kita buat tambahannya diiringi gordang sambilan, namun malam ini kita buat pesertanya para anak-anak yang tingkat klas enam SD sampai SMP sambil melantunkan salawat Rasulullah " timpal Rizal Pulungan, warga Kelurahan Kotasiantar Panyabungan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini