nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Air Baku Tercemar Limbah Ciu, Bagaimana Nasib Warga Solo?

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 23:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 512 2104177 air-baku-tercemar-limbah-ciu-bagaimana-nasib-warga-solo-vv7NDPdtAZ.jpg Ilustrasi

SOLO - PDAM Toya Wening Kota Solo tengah menunggu hasil laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penyakit Menular di Jakarta, menyusul tercemarnya air baku dari Sungai Bengawan Solo yang diduga berasal dari limbah home industri alkohol Ciu.

Direktur Teknik PDAM Surakarta, Tri Atmojo mengatakan begitu pihaknya mendapatkan laporan Ipal air baku Semanggi telah tercemar limbah alkohol Ciu, pihaknya langsung bergerak cepat mengambil beberapa Sempel air untuk dibawa ke Laboratorium.

Menurut Triatmojo, Sempel diambil dari beberapa titik. Diantaranya, langsung dari outlet sumber tercemar yaitu Ipal air baku Semanggi yang tercemar limbah etanol. Dimana limbah itu langsung dibuang ke kali Samin.

Baca Juga: Limbah Buangan Ciu Cemari Saluran Irigasi Warga Sukoharjo

"Tak hanya di situ saja, kami pun kemudian mengambil sampel di tempuran kaki Samin. Dimana di tempuran itu tidak hanya limbah etanol saja yang dibuang, tapi ada limbah lainnya seperti limbah tekstil dan limbah lainnya yang dibuang,"papar Triatmojo, usai sholat meminta hujan di PDAM Solo, Kamis (12/9/2019).

Kemudian, pihaknya, ungkap Triatmojo, juga mengambil sampel diatas kali Samin yang letaknya diatas tempuran Bengawan Solo atau terletak dihulunya kali Samin yang berjarak 100 meter dari Tempuran Sungai Bengawan Solo.

Direktur Teknik PDAM Surakarta Tri Atmojo

"Terus setelah mengambil Sempel dari tempuran, kita pun mengambil Sempel didekat PDAM Toya Wening yang berjarak 1 kilometer dari Kantor," ungkapnya.

Saat ditanya apakah PDAM Toya Wening nantinya kembali tidak mengoperasionalkan Ipal Semanggi bila hasil dari Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penyakit Menular menunjukan air baku itu positif tercemar limbah Alkohol Ciu Triatmojo belum bisa memutuskannya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini