nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhan Wei: Tidak Ada Kekuatan yang Dapat Menghentikan Penyatuan China dengan Taiwan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 18:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 21 18 2119740 menhan-wei-tidak-ada-kekuatan-yang-dapat-menghentikan-penyatuan-china-dengan-taiwan-BiGKTKvaGh.jpg Menteri Pertahanan China Wei Fenghe. (Foto/Reuters)

BEIJING - Menteri Pertahanan China Wei Fenghe mengatakan bahwa tidak ada kekuatan yang dapat mencegah penyatuan kembali China dengan Taiwan.

Melansir Reuters, Senin (21/10/2019) Wei mengatakan hal itu dalam Forum Xiangshan di Beijing.

Ketegangan antara China dan Taiwan telah meningkat menjelang pemilihan presiden pulau itu pada tahun depan. Taiwan adalah masalah teritorial China yang paling sensitif.

"China adalah satu-satunya negara besar di dunia yang belum sepenuhnya dipersatukan kembali," kata Wei.

“Menyelesaikan pertanyaan Taiwan untuk mewujudkan reunifikasi penuh China adalah tren yang tak tertahankan, kepentingan nasional terbesar China,” lanjutnya.

Baca juga: China Sebut Penjualan Jet Tempur AS ke Taiwan Sangat Berbahaya

Baca juga: China Siap Perang jika Taiwan Ingin Merdeka

Foto/Reuters

Taiwan yang demokratis mencerca China karena pemerintahannya yang otoriter dan menjadi ancaman bagi perdamaian regional, sementara China menggerogoti beberapa sekutu diplomatik Taiwan.

Dewan Urusan Daratan Taiwan menyebut forum di Beijing sebagai "ironi", dengan mengatakan China adalah "faktor ketidakstabilan" yang telah menyebabkan meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

"Intimidasi Partai Komunis China terhadap penggunaan kekuatan terhadap Taiwan telah mengancam perdamaian dunia," kata dewan dalam sebuah pernyataan.

“Ancaman kekuatan tidak dapat menggoyahkan niat untuk melindungi kedaulatan dan demokrasi 23 juta orang di Taiwan,” kata pernyataan itu.

China menganggap Taiwan sebagai wilayahnya, yang harus masuk dalam pemerintahan Beijing.

China juga marah atas dukungan AS untuk Taiwan, termasuk penjualan senjata. Washington tidak memiliki hubungan formal dengan Taipei, tetapi terikat oleh hukum untuk memberikan pulau itu sarana mempertahankan diri.

“Tidak seorang pun dan tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan reunifikasi penuh China. Kami berkomitmen untuk mempromosikan pengembangan damai hubungan selat lintas-Taiwan dan penyatuan kembali negara secara damai,” kata Wei.

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini