Pilkada Serentak 2020, Perindo Uji Kelayakan 77 Bakal Calon Kepala Daerah di Sumut

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Kamis 21 November 2019 21:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 21 608 2132940 pilkada-serentak-2020-perindo-uji-kelayakan-77-bakal-calon-kepala-daerah-di-sumut-UYbAxkbDN4.jpg DPW Perindo Sumut Uji Kelayakan 77 Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada 2020 (foto: Okezone/Wahyudi)

MEDAN – Sebanyak 77 bakal calon (balon) kepala daerah telah mendaftar untuk mendapatkan dukungan dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo), pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di 14 daerah di wilayah Sumatera Utara.

Setelah mendaftar, para balon kepala daerah itu akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang rencananya akan digelar 25 November-10 Desember 2019 mendatang.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020 Tetap Dilakukan Secara Langsung 

Ketua DPW Partai Perindo Sumatera Utara, Rudi Zulham Hasibuan mengatakan, uji kelayakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa bakal calon yang nantinya akan diusung, memiliki visi dan misi yang jelas, berintegritas, paham dengan tata kelola pemerintahan, serta memiliki kemampuan finansial yang baik untuk bertarung di Pilkada.

“Yang paling penting juga, bagaimana para bakal calon kepala daerah ini akan ikut membesarkan Partai Perindo di daerahnya, jika terpilih sebagai kepala daerah,”sebut Rudi saat menggelar silaturahmi dialogis bertajuk “Kamis Optimis Bersama Jurnalis”, yang digelar di Kantor DPW Partai Perindo Sumut, Jalan Cut Nyak Dhien, Kota Medan, Kamis (21/11/2019).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Wilayah Perindo Sumut, Donna Yulietta Siagian dan jajaran Wakil Ketua Perindo Sumut diantaranya, Iskandar, Budianta Tarigan dan Rosmauli Gultom.

Pada uji kelayakan dan kepatutan ini, para balon kepala daerah akan dimnta membuat makalah terkait visi dan misi mereka. Makalah yang disampaikan itu nantinya akan diuji oleh panelis yang berasal dari internal dan eksternal Partai Perindo.

Panelis internal terdiri pengurus DPW Partai Perindo, sedangkan panelis eksternal adalah para akademisi yang dianggap memiliki pengalaman yang mumpuni.

“Kita siapkan panelis eksternal ada Dr. Budiman N.P.D. Sinaga, SH, MH. Lalu Drs. Charles M.Sianturi, MSBA dan Dadang Dermawan Pasaribu,M.Si,”jelas Rudi.

Hasil dari uji kelayakan dan kepatutan itu diperkirakan akan rampung pertengahan Desember 2019 mendatang. Hasil uji kelayakan dan kepatutan itu akan dijadikan dasar untuk merekomendasikan nama-nama bakal calon kepala daerah yang akan diusung kepada Pengurus Pusat Perindo di Jakarta.

“Nanti DPP yang akan memutuskan siapa yang akan mendapatkan dukungan secara sah. Kewenangan kita merekomendasikan saja,”tukas Rudi.

Rudi menuturkan, pihaknya sangat gembira atas tingginya animo para balon kepala daerah di Sumut untuk mendapatkan dukungan dari Partai Perindo.

"Secara nasional Perindo Sumut tercatat paling banyak menerima pendaftaran bakal calon kepala daerah," kata Rudi.

Baca Juga: Komisi II Berencana Revisi UU Pemilu dan Pilkada 

Diungkapkannya, para bakal calon bupati/walikota maupun bakal wakil kepala daerah juga meminta dukungan Partai Perindo meskipun di daerah terkait Partai Perindo tidak memiliki kursi di legislatif setempat.

Dia menunjuk contoh calon bupati untuk Nias Utara yang didukung oleh PAN yang memiliki lima unit kursi DPRD juga memohon agar didukung Partai Perindo pada Pilkada serentak 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini