Peran Sentral Indonesia Sukses Loloskan Resolusi PBB tentang Inklusi Keuangan dan STI

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 November 2019 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 27 18 2135031 peran-sentral-indonesia-sukses-loloskan-resolusi-pbb-tentang-inklusi-keuangan-dan-sti-mfATcoiAj5.jpg Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Duta Besar Dian Triansyah Djani. (Foto: Ist.)

NEW YORK – Indonesia memainkan peran sentral sebagai fasilitator dalam proses negosiasi resolusi mengenai inklusi keuangan dan sebagai negosiator/koordinator dalam resolusi mengenai sains, teknologi dan inovasi (STI) pada Komite II Sidang Majelis Umum (SMU) PBB. Kedua resolusi tersebut berhasil disahkan dengan kesepakatan seluruh anggota PBB (konsensus) pada Sidang Pleno Komite II SMU PBB.

Komite II Sidang Majelis Umum PBB adalah komite yang membawahi isu-isu ekonomi, keuangan, pembangunan, dan lingkungan hidup. Komite ini telah mengadopsi 22 rancangan resolusi yang diajukan oleh Group of 77 dan China (G-77).

G-77 merupakan koalisi yang beranggotakan 135 negara berkembang dan saat ini diketuai oleh Palestina.

“Peran aktif Indonesia di Komite II mencerminkan komitmen Pemerintah RI untuk memajukan, tidak hanya kepentingan nasional, melainkan memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang di PBB di bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan,” kata Wakil Tetap RI untuk PBB di New York Duta Besar Dian Triansyah Djani.

Selain itu, Indonesia, bersama dengan Thailand, juga berperan sebagai koordinator dari G-77 untuk resolusi mengenai sains, teknologi, dan inovasi untuk memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang di bidang STI, khususnya untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Resolusi STI memuat berbagai elemen yang sejalan dengan kepentingan negara berkembang, antara lain, kerja sama internasional di bidang peningkatan kapasitas, berbagi pengetahuan dan alih teknologi, serta menggarisbawahi pentingnya peningkatan pendanaan di bidang STI.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini