nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tipu Wali Murid, Guru Honorer Ditangkap Polisi

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 30 525 2136325 tipu-wali-murid-guru-honorer-ditangkap-polisi-kxb8KK6Qp0.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BANDUNG - Seorang guru honorer bernama Asri Najmiati (37), diamankan Unit Reskrim Polsek Cidadap karena melakukan penipuan terhadap sejumlah orangtua siswa.

Dengan profesinya sebagai honorer guru SD, ia menipu dengan mengaku dapat memfasilitasi siswa masuk ke sekolah negeri melalui jalur 'belakang' pada saat proses penerimaaan siswa bulan Juli 2019 lalu.

"Pelaku mengiming-imingi orang tua siswa, agar dapat bisa masuk SMP Negeri dengan membayar sejumlah uang," kata Kapolsek Cidadap AKP Rina Perwitasari kepada wartawan, Sabtu (30/11/2019).

Modusnya Asri menyanggupi permintaan para orang tua murid untuk memasukan para siswanya ke dua SMP Negeri yang ada di Bandung. Namun ada sejumlah permintaan uang oleh pelaku terhadap para korban. Rata-rata pelaku meminta dengan harga Rp5 juta.

"Total ada enam orang yang menjadi korban penipuan oleh tersangka," ujar Rina.

 Penipuan

Setelah uang disetorkan, Asri membawa anak tersebut ke sekolah yang dituju seolah-olah untuk mengikuti rangkaian pengenalan sekolah. Akan tetapi, saat orang tua mengecek ke sekolah, ternyata nama anaknya tak terdaftar sebagai siswa sekolah tersebut.

"Setelah dicek oleh orang tuanya masing-masing, ternyata anak mereka tidak terdaftar. Korban merasa tertipu dan melaporkan kepada kami," katanya.

Polisi langsung lakukan penyelidikan terkait laporan tersebut. Setelah dilakukan penyelidikan polisi pun lalu melakukan penangkapan terhadap Asri.

Saat dimintai keterangan, pelaku mengaku melakukan penipuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Gaji sebagai guru honorer tidak dapat menutupi kebutuhannya. Atas perbuatannya Asri dijerat Pasal 378 Jo Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman hingga 4 tahun bui.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini