Masyarakat Maros Salat Kusuf untuk Tangkal Mitos Ilmu Hitam saat Gerhana

Herman Amiruddin, Okezone · Kamis 26 Desember 2019 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 609 2146371 masyarakat-maros-salat-kusuf-untuk-tangkal-mitos-ilmu-hitam-saat-gerhana-bo6uNRGuxQ.jpg Ilustrasi

MAKASSAR - Guna mencari sebuah berkah saat terjadi fenomena alam, sejumlah jamaah di Kabupaten Maros, melaksanakan salat kusuf saat terjadinya gerhana matahari cincin, yang digelar di Masjid Khaerul Ummah, kompleks terminal Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Salat kusuf digelar, berdasarkan surat edaran, Kementerian Agama Melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam untuk mengimbau kepada umat islam di Indonesia

Termasuk di Makassar dan Kabupaten Maros, melalui penyuluh kementerian agama yang ada Kabupaten Maros, ikut berkewajiban melaksanakan salat gerhana matahari cincin.

Khatib sekaligus Imam, Hamka Mahmud mengatakan makna salat kusuf sendiri bagi warga  Maros dilakukan demi meluruskan mitos-mitos terdahulu, yang pernah berkembang di masyarakat maros.

Ilustrasi

"Dimana pada zaman dulu masyarakat mengaitkan fenomena alam gerhana bulan atau matahari/ dengan ilmu-ilmu hitam," kata Hamka kepada Okezone

Masyarakat pada zaman dulu, mengeluarkan ember dari rumah saat terjadi gerhana bulan ataupun matahari, ember yang digunakan itu, untuk menadah air, yang terkena cahaya bulan ataupun matahari.

"Air ini dipercayai dapat mempercantik seseorang pada zaman itu. Sehingga dengan adanya surat edaran menteri agama kami penyuluh kemeneterian agama yang berada di kabupaten maros meluruskan mitos dengan melaksanakan salat gerhana," jelasnya.

Menurut Hamka salat gerhana matahari cincin, untuk mencari berkah pada peristiwa, seperti fenomena alam gerhana, yaitu dengan melaksanakan salat.

"Karena didalam salat terdapat berkah, saat melaksanakan salat saat terjadi fenomena alam jamaah mendapat berkah, karena berhadapan langsung dengan Allah SWT," ungkapnya.

Diketahui, Kementerian Agama Melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam mengimbau kepada umat islam di Indonesia untuk mengadakan salat gerhana matahari.

Setelah badan meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) memberikan informasi ini melalui akun media sosial twitter ataupun laman resminya.

Muslim indonesia diimbau melakukan salat sunnah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan nabi muhammad dalam pelaksanaan shalat gerhana.

Saat fenomena ini terjadi, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dibandingkan piringan matahari. Di indonesia, gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota dan kabupaten di indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini