nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Cipali KM 136 Banjir, Menhub: Kalau Tahu Penyebabnya Kita Selesaikan

Fathnur Rohman, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 12:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 01 525 2148118 tol-cipali-km-136-banjir-menhub-kalau-tahu-penyebabnya-kita-selesaikan-20bnAy2gHL.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (Okezone.com/Fathnur)

CIREBON - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi prihatin dengan terjadinya banjir di Tol Cikopo-Paliman (Cipali) KM 136 arah Jakarta sekitar Cikedung, Indramayu, Jawa Bara, pada Selasa 31 Desember 2019 kemarin.

Hari ini, Budi berencana meninjau langsung Tol Cipali dengan helikopter sekaligus mencari tahu penyebab pasti banjir menggenangi tol tersebut, untuk ditanggulangi agar kejadian serupa tak terulang.

"Kita prihatin tentang kejadian itu, makanya saya nanti mau overview naik heli. Kita mau lihat di mana dan bagaimana, " kata Budi kepada Okezone di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (1/1/2020).

Budi menuturkan, dirinya bersama dengan Dirjen Darat Kemenhub, serta Kementerian PUPR sedang mencari penyebab-penyebab terjadinya banjir yang menggenangi ruas Tol Cipali KM 136.

"Kami juga bersama dengan Dirjen Darat, Kemntrian PUPR sedang menginventarisasi apa penyebab-penyebabnya. Kalau tahu penyebabnya kita akan selesaikan agar tidak terjadi lagi, " ujar Budi.cipali

Banjir di Tol Cipali (Istimewa)

Guna mengantisipasi kejadian serupa khususnya selama arus balik musim libur Natal dan Tahun Baru 2020, Kemenhub akan menerjunkan tim untuk menyisir Tol Cipali.

Baca juga: Tol Cipali KM 136 Banjir

"Hari-hari ke depan ini juga tim kami akan menyisir penyebabnya apa, pada saat mudik arus balik,” ujarnya.

Budi memperkirakan puncak arus balik libur Tahun Baru 2020 terjadi hari ini dan 5 Januari nanti.

Banjir yang merendam Tol Cipali KM 136 kemarin sempat menimbulkan kemacetan kendaraan di jalur A dan B.

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto mengatakan, penyebab banjir yang menggenangi Tol Cipali KM 136, Selasa kemarin, adalah karena meluapnya Sungai Cilalanang yang berada di sisi kanan jalan bebas hambatan itu.

"Penyebab utamanya adalah di sebelah kanan kita ini ada Sungai Cilalanang, debit airnya tinggi akibat curah hujan yang besar. Akhirnya tidak bisa masuk ke gorong-gorong secara menyeluruh. Air meluap ke jalur B arah Jawa Tengah menuju Jakarta, " kata Suhermanto saat ditemui Okezone di Jalan Tol Cipali KM 136, Selasa malam.

Suhermanto telah berkoordinasi dengan pengelola Tol Cipali untuk segera membenahi gorong-gorong di ruas halan tersebut agar banjir tak terulang.

"Kita juga sudah bilang ke pengelola agar segera memperbaiki saluran air. Kita juga bisa lihat ada alat berat yang disiagakan, " katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini