nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ular Kobra Teror Warga Bojonegoro, Puluhan Ekor Berhasil Ditangkap

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 03 Januari 2020 12:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 03 519 2148793 ular-kobra-teror-warga-bojonegoro-puluhan-ekor-berhasil-ditangkap-4iOGAOFTyD.JPG Seekor induk ular kobra di Bojonegoro dibunuh warga (Foto: Okezone.com/Avirista Midaada)

BOJONEGORO - Teror ular kobra masih menghantui masyarakat. Kali ini, teror ular berbisa itu terjadi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Puluhan ekor ular kobra berhasil ditangkap dari beberapa rumah warga.

Ular kobra tersebut berada di sekitar tiga rumah warga yakni Samian (45), Supinah (50), dan Dulah (53) di Dusun Banjartal RT 22/RW 07, Desa Kabunan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, Sukirno mengatakan, awalnya pihaknya mendapat laporan dari warga soal adanya sejumlah ular pada Kamis sore kemarin.

"Kita akhirnya meluncur ke lokasi di daerah Desa Kabunan, Kecamatan Balen untuk penyisiran," ujar Sukirno, Jumat (3/1/2020).

Penyisiran yang dilakukan di tiga rumah warga sejak sore hingga malam hari, berhasil menangkap tiga ekor anak kobra. Tim menyusuri sejumlah lokasi mulai pekarangan sekitar rumah hingga di sejumlah ruangan di dalam rumah.

"Total kita amankan satu ekor anak ular kobra dan dua ekor induk ekor ular kobra. Semua jenis ular kobra Jawa," tuturnya.

Penangkapan tiga ekor ular kobra ini melengkapi 26 ekor ular kobra yang telah diamankan masyarakat bersama Tim Dinas Kebakaran sejak tanggal 28 Desember 2019 hingga Kamis malam 2 Januari 2020 kemarin.

Kepala Dusun Banjartal Desa Kabunan Zainul Muttaqin mengungkapkan induk ular kobra juga telah berhasil ditangkap oleh warga. "Warga bahkan pernah menangkap induk ular kobra. Ada yang dibunuh dengan memotong kepalanya karena ketakutan," ungkap Zainul.

Pihaknya menambahkan jika ditotal dari penyisiran yang dilakukan hingga Kamis malam sekitar pukul 21.30 WIB, dan hari-hari sebelumnya sudah ada 29 ekor ular kobra baik induk dan anakan yang diamankan. "Total ada 29 ekor ular kobra mulai induk dan anak ekornya," lanjutnya.

Usai diamankan, rencananya ular kobra ini akan diserahkan ke komunitas pecinta ular kobra yang ada di Bojonegoro.

"Nanti kita akan serahkan ke komunitas ular supaya tidak membahayakan masyarakat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini