nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muncul Kesultanan Selacau di Tasikmalaya, Ternyata Sudah Berdiri Lebih Satu Dekade

Sabtu 18 Januari 2020 12:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 525 2154713 muncul-kesultanan-selacau-di-tasikmalaya-ternyata-sudah-berdiri-lebih-satu-dekade-pmepiDcPsL.JPG Gapura Kesultanan Selacau di Tasikmalaya, Jawa Barat (Foto: Ist)

TASIKMALAYA - Masyarakat Tanah Air sepekan terakhir dihebohkan oleh kemunculan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire. Teranyar, muncul lagi nama Kesultanan Selacau di Tasikmalaya, Jawa Barat yang berdiri sejak 2004 silam.

Berdasarkan penelusuran, Kesultanan Selacau didirikan oleh Rohidin (40) yang mengaku keturunan ke-9 dari Raja Pajajaran Surawisesa dengan gelar Sultan Patra Kusumah VIII.

Lokasinya berada di Kampung Nagaratengah, Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Rohidin mengaku sudah mendapatkan pengakuan yang sah dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas kesultanannya itu.

"Sampai Alhdamulillah 2018 keluar putusan warisan kultur budaya peniggalan Pajajaran," kata Rohidin, menukil dari laman iNews.id, Sabtu (18/1/2020).

Rohidin mengaku tidak pernah dipermasalahkan atas pencetusan Kesultanan Selacau. Dia mengatakan Kesultanan itu sudah pernah berdiri pada tahun 1548-1589.

"Karena ada kudeta tahun 1527, keluarga kami ikut Surawisesa," katanya.

Dirinya mengaku tidak takut Kesultanan Selacau dipermasalahkan. Dia pun mempersilakan kepada pihak-pihak yang ingin memeriksa legalitas kesultanannya.

"Yang bisa membuktikan kan orang-orang hukum," ucap Rohidin.

Kesultanan yang berdiri di Kampung Nagaratengah ini dilengkapi dengan gapura yang menunjukkan wilayah Selacau. Bangunan-bangunan lain juga berdiri di lokasi tersebut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini