Warga Dieng Kulon Temukan Struktur Batu Diduga Candi

Elis Novit, iNews.id · Senin 20 Januari 2020 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 512 2155449 warga-dieng-kulon-temukan-struktur-batu-diduga-candi-mkttWbfihr.jpg (Foto: UPT Pariwisata Dieng)

BANJARNEGARA - Warga Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah dihebohkan oleh temuan batuan mirip candi di lahan pertanian milik warga. Penemuan diduga bangunan bersejarah itu berlangsung saat proses pembangunan Rumah Budaya di area komplek objek wisata Dieng.

Hal ini dijelaskan Alif Fauzi, warga Dieng Kulon pemilik lahan. Dia mengatakan, candi ditemukan saat pihaknya menggali sedalam 1 meter.

(Foto: UPT Pariwisata Dieng)

"Jadi kami sedang melakukan pencangkulan tanah untuk melakukan pembangunan, tiba-tiba ada bebatuan yang mirip dengan candi, cuma kami belum bisa memastikan, tetapi ini sangat rapi dan tertata, jadi biar nanti Badan Pelestari Cagar Budaya (BPCP) Jateng yang mengecek," jelas Alif.

Menurut penuturan Alif, warga Dieng sering menemukan bebatuan di area lahan pertanian, tetapi temuan batu kali ini rapi dan sudah berstruktur. Warga menjaga temuan itu agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini