Nusa Penida Lokasi Favorit Turis China, Bupati Instruksikan Antisipasi Virus Korona

Selasa 28 Januari 2020 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 244 2159353 nusa-penida-lokasi-favorit-turis-china-bupati-instruksikan-antisipasi-virus-korona-3KHrg99ABX.jpg Turis asing di lokasi wisata Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. (Foto: Balipost)

SEMARAPURA – Kepulauan Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, menjadi salah satu lokasi favorit turis asing asal China. Kondisi ini menyebabkan Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menginstruksikan seluruh OPD terkait melakukan antisipasi terkait virus korona.

Suwirta langsung mengumpulkan pihak terkait, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan lainnya, untuk mematangkan sejumlah antisipasi menghadapi ancaman mewabahnya virus korona yang berasal dari Kota Wuhan, China.

Baca juga: Virus Korona Ancam Pariwisata Bali, Ini Langkah Serius Pemprov 

"Saya harus memastikan langkah-langkah antisipasi itu sudah siap dilakukan. Jangan sampai situasi sudah genting begini, dinas terkait malah diam saja. Mereka semua harus siap menghadapi ini," katanya, Senin 27 Januari 2020 siang, mengutip dari Balipost.

Ia mengatakan, Dinas Pariwisata harus punya cara bagaimana memastikan setiap wisatawan mancanegara, khususnya yang masuk ke Nusa Penida, benar-benar steril dari virus korona. Suwirta menerangkan, protap pemeriksaannya seperti apa di setiap pintu masuk ke wilayah Kepulauan Nusa Penida harus jelas.

Baca juga: Ramai Virus Korona, Bali Kintamani Festival Ditunda 

Kalau ada yang terdeteksi virus korona, kata dia, seperti apa langkah-langkah antisipasinya, ke mana dibawa, dan bagaimana langkah penanganan awalnya. Hal ini, jelas Suwirta, tentu harus disinergikan dengan seluruh fasilitas layanan kesehatan yang ada di Nusa Penida.

Oleh karena itu, lanjut dia, Dinas Kesehatan juga diminta menyiagakan seluruh puskesmas di Nusa Penida. Seluruh peralatan dan teknis penanganannya wajib disiapkan dengan matang.

Bila ada wisatawan China maupun dari negara lain yang memiliki ciri-ciri terjangkit wabah virus korona, ia meminta agar warga setempat atau pelaku pariwisata segera melapor. Sebab, kata dia, virus korona bisa menyebar dengan cepat, baik melalui perantara antarmanusia maupun hewan.

"Nusa Penida itu, wisatawannya mayoritas dari China. Itulah yang membuat kami harus benar-benar siaga. Sejauh ini tidak ada laporan wabah itu sampai di Nusa Penida," tegasnya.

Baca juga: 106 Orang Meninggal Akibat Virus Korona, 4.239 Positif Terinfeksi 

Atuh Beach di Nusa Penida Bali. (Foto: Dok Okezone/Tiara Putri)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini