nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga China Suspect Virus Korona di Sorong Berangsur Pulih

Chanry Andrew S, iNews.id · Selasa 28 Januari 2020 08:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 28 340 2159318 warga-china-suspect-virus-korona-di-sorong-berangsung-pulih-mASNIwv6Ou.jpg Ilustrasi Ruang Isolasi (foto: Okezone)

SORONG - Setelah mendapat perawatan intensif oleh tim dokter di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sele Be Solu Kota Sorong, kondisi kesehatan wisatawan asal Yunnan, China, Yee Ping (39), berangsur membaik.

Pihak RSUD Sele Be Solu Kota Sorong menyatakan, Yee Ping tidak terinfeksi virus korona, namun tetap harus dirawat di ruang isolasi dan terus diobservasi.

Baca Juga: Cegah Virus Korona, Diimbau Tidak Makan Kelelawar dan Hewan Liar Lain 

"Masih jauh dari dugaan itu. Soal perawatan di ruang isolasi merupakan hasil koordinasi kami dengan tim dokter yang merawat pasien," ungkap Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Sele Be Solu, Sjainuddin, kepada wartawan di Sorong, Senin 27 Januari 2020.

Dia menambahkan, pihaknya belum mengambil sampel darah atau hasil laboratorium terhadap Yee Ping.

"Tidak ada sampel yang diambil dan tidak ada yang dikirim ke Jakarta. Untuk pengambilan sampel itu ada protap dan prosedur, kapan kita harus kirim sampel. Kalau memang ada indikasi ke sana, baru dilakukan pengambilan sampel," tegasnya.

Meskipun pihak rumah sakit tidak melakukan pengambilan sampel terhadap pasien Yee Ping, mereka berani menjamin jika warga negara China itu tidak terinfeksi virus korona.

"Kami menjamin bahwa kondisi pasien aman. Sebenarnya pasien sudah sehat dan sudah bisa main HP. Artinya kalau dalam beberapa hari ke depan pasien lebih sehat, maka bisa dipulangkan," tutur Sjainuddin.

"Suhu tubuh pasien saat ini sudah normal, mungkin kemarin karena pasien kecapekan makanya terkena flu biasa dan demam," sambungnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Okezone, akibat adanya pasien suspect virus korona asal Yunnan China yang dirawat di ruang isolasi, jumlah kunjungan pasien di RS Sele Be Solu mengalami penurunan drastis.

Hal ini dikarenakan masyarakat merasa khawatir dan takut tertular, jika mereka berkunjung ke rumah sakit. Selain itu, para pasien yang datang berobat tampak memakai masker, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Ketua DPR Minta Masyarakat Tak Panik Terkait Mewabahnya Virus Korona 

Yee Ping diketahui merupakan wisatawan asal Yunan, China. Dia dilarikan ke Rumah Sakit Pertamina Kota Sorong, pada 25 Januari 2020 sekira pukul 23.00 WIT dengan indikasi mengalami panas tinggi, demam, dan batuk yang mirip dengan dugaan virus korona.

Pasien WNA asal Cina tersebut dilarikan ke rumah sakit karena mengeluh sakit demam usai melakukan Diving di kepulauan Raja Ampat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini