Waspada Virus Korona, Kodim 1312/Talaud Perketat Pengawasan di Perbatasan Filipina

Subhan Sabu, Okezone · Senin 03 Februari 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 340 2162628 waspada-virus-korona-kodim-1312-talaud-perketat-pengawasan-di-perbatasan-filipina-lkddvmmZuS.jpg Pintu Masuk Kecematan Miangas (Foto: Ist)

TALAUD - Komando Distrik Militer (Kodim) 1312/Talaud memperkuat penjagaan di perbatasan Indonesia-Filipina. Hal tersebut sebagai imbas dari jatuhnya korban tewas di Filipina akibat Virus Korona.

Meski belum miliki alat deteksi suhu badan yang canggih, TNI tetap akan memperkuiat pengawasan untuk orang yang masuk ke Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, khususnya di Pulau Miangas.

"Kami sudah koordinasikan dengan Instansi terkait (Border Filipina, Puskesmas, Bea Cukai dan Karantina Miangas) untuk tetap mewaspadai virus korona. Terutama untuk Kapal Panboat dari Filipina yang masuk atau bersandar di wilayah Miangas wajib dilakukan pemeriksaan atau karantina di Puskesmas Miangas," jelas Komandan Kodim 1312/Talaud Letkol Czi Irwan Guptarochman N.ST kepada Okezone, Senin (3/1/2020).

Baca Juga: Antisipasi Virus Korona, Pemkab Talaud Mulai Pantau Kedatangan Warga Filipina

Menurut Dandim Irwan, dalam sebulan belum pernah lebih dari tiga kali pelintas batas dari Filipina masuk ke Miangas. Tiap kali masuk sekira empat sampai lima orang dengan tujuan berdagang.

"Tapi tetap kami pantau terus," kata Dandim Irwan.

Meski tidak ada pemeriksaan khusus terkait pelintas dari Filipina, namun Dandim Irwan mengaku telah memerintahkan Danramil Miangas agar terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Saya perintahkan untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait baik dari LO Filipina yang berada di Miangas dan pihak lainnya dari unsur kesehatan," ujar Dandim Irwan

Dandim juga mengimbau untuk warga agar jangan takut namun tetap waspada dan senantiasa menjaga kebersihan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini