nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diduga Terpapar Virus Korona, Balita Asal China di Rawat di Manado

Subhan Sabu, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 13:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 04 340 2163109 diduga-terpapar-virus-korona-balita-asal-china-di-rawat-di-manado-natKeYzXXQ.jpg Rumah Sakit di Manado (Foto: Okezone/Subhan)

MANADO - Seorang balita asal China diduga terpapar virus korona. Balita berusia 2,5 tahun tiba di Manado bersama orangtuanya sejak 21 Januari 2020 lalu.

Kepala Bidang Pelayanan Medik, RSUP Prof Kandou dr Hanry Takasenserang mengatakan pasien sendiri dalam riwayat yang diterima telah mengalami sakit demam dan batuk selama sembilan hari lamanya.

"Balita berusia 2,5 tahun ini, mengalami demam dan batuk berkepanjangan semenjak tiba di Kota Manado," ujar dr Hanry, Selasa (4/2/2020).

Pasien tersebut sebelumnya pernah berobat di rumah sakit swasta saat pertama tiba di Manado, namun karena tak kunjung sembuh kemudian dirujuk ke RSUP Prof Kandou.

"Karena melihat riwayat sakit yang sudah cukup lama, serta pasien berasal dari China, dugaan terpapar virus corona ada, sehingga langsung diisolasi dan menjalani prosedur penanganan yang telah ada," jelas dr Hanry.

Korona

Baca Juga: China Minta Amerika Serikat Tak Bereaksi Berlebihan Terkait Wabah Virus Korona

Namun dr Hanry mengaku belum bisa menyimpulkan balita turis China tersebut terpapar virus korona, walaupun dengan gejala yang ada termasuk dalam kriteria. Meski demikian, prosedur pengawasan dan tindakan kewaspadaan tetap dilakukan.

"Sesuai protokol yang ada, diambil lapisan tenggorokan dan dahaknya untuk dikirim ke laboratorium Balitbangkes. Kita tunggu hasil. Saat ini, pasien dalam penanganan dokter anak dan dokter spesialis," kata Takasenserang.

Orangtua dari balita yang berasal dari Hunan, China itu juga sudah diperiksa sampelnya, namun waktu datang orangtua tidak ada gejala seperti anaknya. Hanya saat ini, orang tua ikut menjaga anaknya di ruang isolasi Irina F. (edi)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini