nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Cirebon Khawatir Banjir Susulan Terjadi saat Turun Hujan

Fathnur Rohman, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 14:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 05 525 2163706 warga-cirebon-khawatir-banjir-susulan-terjadi-saat-turun-hujan-B1ouWYoGyQ.jpg Kondisi Sungai Ciberes, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (foto: Okezone/Fathnur Rohman)

CIREBON - Warga di Desa Gebangudik, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sudah mulai beraktivitas secara normal pada Rabu (5/2/2020) siang. Sebelumnya, aktivitas warga sempat terganggu, karena banjir merendam rumah mereka sejak Senin malam lalu.

Salah seorang warga bernama Wawas (43) mengatakan, banjir yang merendam pemukiman di Desa Gebangudik berangsur surut sejak pukul 11.00 WIB, Selasa kemarin. Wawas menyebut, genangan air benar-benar menghilang pada sore harinya.

Baca Juga: 9 Kecamatan di Kabupaten Serang Terendam Banjir 

Wawas menjelaskan, banjir tersebut disebabkan oleh luapan air Sungai Ciberes yang berada dekat pemukiman warga. Menurut Wawas, debit air Sungai Ciberes mengalami peningkatan setelah hujan deras mengguyur wilayah Cirebon pada Senin sore lalu.

"Sudah surut dari kemarin siang. Tapi benar-benar surutnya jam empat sore. Ini airnya dari Sungai Ciberes dekat rumah warga, " kata Wawas kepada Okezone, Rabu (5/2/2020) siang.

Banjir Cirebon (foto: Okezone/Fathnur Rohman) 

Diceritakan Wawas, banjir sudah dua kali merendam rumahnya sejak awal bulan Januari 2020. Wawas mengungkapkan, kalau Desa Gebangudik merupakan daerah langganan banjir.

Masih dikatakan Wawas, secara kasat mata sungai Ciberes saat ini mengalami pendakalan. Dari pendakalan ini, menurut Wawas air lebih mudah meluap ke permukiman warga saat hujan deras terjadi.

Wawas menuturkan, karena daerahnya sering terjadi banjir, maka sejumlah warga di desa tersebut biasanya akan meninggikan lantai depan rumah mereka. Hal ini dilakukan agar air yang meluap tidak masuk ke dalam rumah mereka.

Wawas mengaku saat ini dirinya masih merasa khawatir. Mengingat setiap kali hujan deras turun, maka air sungai Ciberes akan meluap. Wawas berharap agar pemerintah Kabupaten Cirebon segera mencari solusi untuk mengatasi banjir ini.

Baca Juga: Banjir yang Merendam 3 Desa di Cirebon Mulai Berangsur Surut 

Banjir Cirebon (foto: Okezone/Fathnur Rohman)

"Masih khawatir kalau hujan deras. Soalnya ini pasti meluap sih. Kemarin ketinggiannya sampai lutut orang dewasa, " ucap Wawas.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada tiga desa di Kabupaten Cirebon yang terendam banjir pada Senin 3 Februari 2020 malam. Dari data yang dicatat oleh BPBD Kabupaten Cirebon, sebanyak 429 rumah warga terdampak banjir tersebut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini