Diguyur Hujan, Warga Perum Gunungsari Indah Kebanjiran

Inin Nastain, Koran SI · Senin 08 Maret 2021 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 525 2373917 diguyur-hujan-warga-perum-gunungsari-indah-kebanjiran-IWv28F1Yhz.jpg Banjir di Majalengka (foto: ist)

MAJALENGKA - Hujan yang mengguyur Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Minggu (7/3/2021) sore menyebabkan air sungai meluap ke pemukiman. Sedikitnya 500 rumah di Perum Gunungsari Indah, Desa Gunungsari, Kecamatan Kasokandel terendam.

Salah satu warga Ucu mengatakan, air mulai masuk pemukiman sekitar pukul 18.15 WIB. Hingga pukul 23.00 WIB, air sudah menggenangi sekitar 500 rumah.

"Sifatnya banjir kiriman. Karena sungai kecil, permukaan resapan berkurang akibat bangunan pabrik. Banjir karena luapan air sungai dan sawah. Yang terdampak sekitar 500 rumah," kata Ucu kepada MNC Portal Indonesia (MPI).

 Baca juga: Banjir Genangi Jalur Majalengka-Indramayu, Lalin Tersendat

Banjir yang menerjang Perum Gunungsari itu, jelas dia, merupakan yang kedua kalinya selama 2021 ini. Sebelumnya, banjir jiga menerjang daerah itu pada 7 Februari lalu.

"Biasanya pagi mulai surut lagi. Tapi lumayan meninggalkan lapisan lumpur di rumah. Sekarang juga alhamdulillah sudah mulai surut," jelas dia.

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Majalengka, Reza Permana mengatakan, banjir yang terjadi di Perumahan Gunungsari berasal dari luapan Sungai Cigarut Cibinuang. Selain intensitas hujan yang masih tinggi, kondisi sungai yang dangkal pun membuat air meluap ke pemukiman.

"Ketinggian air 10 sampai 40 sentimeter. Sekarang sudah mulai surut," jelas dia.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini