nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Ukraina Minta Tolong Paus Fransiskus Bantu Bebaskan Tawanan Perang

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 02:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 10 18 2165860 presiden-ukraina-minta-tolong-paus-fransiskus-bantu-bebaskan-tawanan-perang-W9EbBFNcAN.jpg Presiden Ukraina Volodymyr Zalenskiy (Foto : Reuters)

PRESIDEN Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, meminta Paus Fransiskus membantu mengamankan pembebasan tawanan perang yang ditahan Rusia dan pejuang separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur.

Presiden Zelenskiy mengajukan permintaan itu setelah pertemuan dengan Paus di Vatikan, Sabtu 8 Februari 2020.

"[Paus] melakukan segala yang mungkin untuk mencapai perdamaian dan keharmonisan di seluruh dunia," kata Zelenskiy dalam cuitan setelah pertemuan mereka.

"Saya meminta bantuan dengan membebaskan tawanan Ukraina yang ditangkap di Donbas, Krimea, dan Rusia," katanya.

Baca Juga : Waspada Penyebaran Virus Korona, Petugas Pelabuhan Periksa Bawang Putih dari China

Rusia mengambil semenanjung Laut Hitam Krimea pada Maret 2014. Sebulan kemudian, pertempuran meletus di Ukraina timur dalam konflik yang menewaskan lebih dari 13.000 orang dan lebih dari 1 juta orang mengungsi.

Sejak terpilih Mei 2019, Zelenskiy telah mengalami dua pertukaran tahanan dengan Rusia dan pejuang separatis yang dikembalikan ke Ukraina bagian timur. Paus Franciskus, kepala Gereja Katolik Roma yang berusia 83 tahun, menyuarakan harapan untuk mengakhiri konflik.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini