nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demam Usai Pulang dari Guangzhou, Sampel Swap WN China Dikirim ke Jakarta

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 07:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 340 2167666 demam-usai-pulang-dari-guangzhou-sampel-swap-wn-china-dikirim-ke-jakarta-fckzuWXZh2.png RSUD M Yunus. (Foto: Okezone.com/Demon Fajri)

BENGKULU - Wakil Direktur Pelayanan Umum dan Medik, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu, Ismir Fahri mengatakan, pihaknya akan mengirim sampel swap (cairan) tenggorokan pasien asal Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes), Kementerian Kesehatan RI.

Pasien berjenis kelamin laki-laki itu merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) salah satu perusahaan di Kota Bengkulu.

Pasien saat ini sedang diisolasi di salah satu ruang di RSUD M Yunus setelah mengeluh demam dan sakit tenggorokan. Pengecekan dilakukan untuk memastikan pasien yang baru pulang dari kampung halamannya di China itu terjangkit virus korona atau tidak.

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Pengiriman sampel itu, kata Ismir, merupakan pemeriksaan sesuai SOP. Di mana pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu dan tim dokter yang menangani pasien. Selain sampel swap, sampel darah rutin dan kimia darah pasien juga akan diperiksa.

''Memang ada pasien yang sedang di observasi tim medis kita di ruang isolasi. Sementara sedang dalam pemeriksaan awal. Pemeriksan sample swap merupakan sesuai SOP,'' kata Ismir, saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (12/2/2020), malam.

''Masih dilakukan observasi dulu,'' tambahnya.

Pasien berjenis kelamin laki-laki itu merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) salah satu perusahaan di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini