nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buaya Raksasa Akhirnya Dilepasliarkan ke Sungai Buluh Kecil TNTP

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 01:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 340 2168761 buaya-raksasa-akhirnya-dilepasliarkan-ke-sungai-buluh-kecil-tntp-8hC3xRmPlW.jpg Warga Pantai Kubu saat melihat penampakan buaya raksasa (foto: ist)

KOBAR - Buaya raksasa sinyulong (sapit) dengan berat 500 kg dan panjang 5 meter akan dilepasliarkan, di Sungai Buluh Kecil Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Jumat (14/2/2020).

Staff Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, BKSDA Kalteng Nasibah mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kantor Balai TNTP terkait proses pelepasliaran buaya tersebut.

"Sungai Buluh Kecil memang diketahui terdapat banyak populasi buaya. Beberapa waktu lalu saat kita menerima buaya besar hasil tangkapan masyarakat, kita lepasliarkan di tempat itu," jelas Nasibah, sambil mengangkut buaya tersebut menuju Pantai Kubu Kecamatan Kumai, Jumat sore.

Ia menjelaskan, bila proses koordinasi selesai, buaya raksasa ini akan dibawa ke Sungai Buluh Kecil.

 Baca juga: Buaya Berbobot 500 Kg Hebohkan Warga Kalteng

Sebelumnya, Warga RT 03, RW 04, Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng geger.

Seekor buaya senyulong (sapit) yang belum diketahui jenis kelaminnya dengan berat sekitar 500 kg (1/2 ton) dan panjang sekitar 5 meter berhasil dievakuasi warga di Sungai Pakit pada Kamis (12/2/2020) sekira pukul 11.00WIB.

Warga setempat Dahimi menceritakan, buaya tersebut pertama kali dilihat oleh warga yang melintas di sekitar sungai Pakit pada pukul 08.00 WIB. Kemudian diberitahu ke warga lainnya, dan warga mulai berdatangan untuk berusaha menangkap buaya besar raksasa tersebut.

Sementara itu, Nasibah, tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, BKSDA Kalteng yang turut mengevakuasi buaya tersebut mengatakan, awalnya pihak BKSDA Kalteng mendapat laporan dari warga sekitar pukul 12.00 WIB. Saat dilaporkan, buaya sudah berhasil dievakuasi warga dan sudah diamankan di kantor Desa Arga Mulya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini