nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Kerusuhan Rutan Kabanjahe, 42 Sidang Tertunda

Eben Pinem, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 14:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 14 608 2168424 dampak-kerusuhan-rutan-kabanjahe-42-sidang-tertunda-bomOGLBUFt.jpg Kerusuhan di Rutan Kabanjahe (Foto : iNews.id/Eben)

TANAH KARO - Kerusuhan yang berujung terbakarnya Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Rabu 12 Februari 2020, berdampak terhadap penundaan jalannya persidangan di PN Kabanjahe. Sebanyak 42 jadwal persidangan pada hari “H” insiden, harus diundur ke pekan depan karena masalah situasional.

“Ketika kejadian, 42 sidang ditunda. Kita jadwalkan, Senin 17 Februari 2020 akan dapat dilanjutkan. Saya telah berkoordinasi dengan Ketua PN Kabanjahe. Jadwal sidang Senin-Kamis, hari Jumat tidak ada sidang. Atas kejadian peristiwa kemarin itu, penundaan sidang hanya berlangsung selama dua hari,” ujar Kajari Karo, Denny Achmad, Jumat (14/2/2020).

Denny Achmad menjelaskan, selama ini Kejaksaan Negeri Karo menitipkan tahanan sebanyak 124 orang di Rutan Kabanjahe. Beberapa di antaranya masih tahap dua (belum dilimpah). Sehubungan itu, Kajari Karo menyatakan telah berkoodinasi lebih lanjut dengan Polres Tanah Karo, agar para tahanan dititip sementara di polres atau polsek terdekat.

“Saya sudah bicarakan hal ini dengan Kapolres Tanah Karo. Untuk memudahkan jalannya persidangan ke depan, para tahanan tidak dititipkan di luar Kabupaten Karo. Intinya walaupun dengan adanya kejadian itu, tidak berarti menghambat proses persidangan. Tapi hanya menunda dua hari. Proses persidangan tetap berlanjut, karena masa penahanan mereka masih panjang,” papar Kajari Karo.

Baca Juga : 2 Perempuan Edarkan 788 Butir Ekstasi Dikendalikan dari Balik Lapas

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R Hutajulu melalui telepon selularnya mengatakan, tahanan Kejari Karo yang dalam tahap mengikuti persidangan, seluruhnya berada di Kabupaten Karo.

Mereka sementara ditempatkan di sel Polres Tanah Karo dan polsek terdekat. Hal ini sehubungan koordinasi untuk kelancaran persidangan pasca terbakarnya Rutan Kabanjahe.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini