nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seniman Rusia Ditangkap Usai Sebar Video Seks Calon Wali Kota Paris Prancis

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 13:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 17 18 2169667 seniman-rusia-ditangkap-usai-sebar-video-seks-calon-wali-kota-paris-prancis-ESd0LmikR2.jpg Benjamin Griveaux. (Foto/Twitter @BGriveaux)

PARIS - Pihak berwenang Prancis pada Sabtu 15 Februari menangkap seorang warga Rusia yang menyebarkan video seks calon wali kota Paris, Benjamin Griveaux.

Melansir France 24, Senin (17/2/2020) Kantor Kejaksaan Paris mengatakan bahwa Pyotr Pavlensky, meninggalkan Rusia pada 2017 karena kasus tuduhan pemerkosaan. Ia juga pernah diperiksa atas kasus kekerasan pada malam Tahun Baru di Paris.

Benjamin Griveaux, mantan juru bicara pemerintah sertasekutu Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan mundur dari pencalonannya sebagai wali kota Paris, setelah video seksnya beredar di media sosial.

Kantor kejaksaan mengatakan Griveaux mengajukan penyelidikan dibuka atas penyebaran video tersebut.

Pavlensky memiliki masalah dengan hukum sebelumnya. Dia dinyatakan bersalah pada Januari 2019 karena membakar cabang Bank of France pada 2017. Dia dijatuhi hukuman satu tahun penjara, ditambah hukuman percobaan dua tahun. Namun, hakim membiarkan Pavlensky bebas karena dia sudah menghabiskan 11 bulan dalam penahanan praperadilan.

Ia juga dikenal sebagai seniman kontemporer dan propaganda politik karena seni pertunjukan politiknya yang kontroversial

Pavlensky membuat situs khusus untuk memposting materi video eksplisit, yang diyakini didapatnya membobol data di ponsel.

Pavlensky mengatakan ia sengaja menyebar video seks untuk mengecam apa yang ia klaim sebagai "kemunafikan" Griveaux, yang sering berbicara di depan umum tentang pasangan dan anak-anaknya.

Dia mengatakan kepada media Prancis bahwa Griveaux adalah "seorang kandidat yang telah berbohong kepada para pemilihnya" dan "sangat berbahaya" untuk Paris.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini