nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jepang Konfirmasi Kematian Ketiga Penumpang Kapal Diamond Princess

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 16:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 24 18 2173375 jepang-konfirmasi-kematian-ketiga-penumpang-kapal-diamond-princess-kiAT6g9992.jpg Kapal Pesiar Diamond Princess. (Foto: Twitter/@Sasamon99)

YOKOHAMA - Pihak berwenang Jepang melaporkan kematian ketiga penumpang yang terinfeksi virus korona Covid-19 dari kapal pesiar Diamond Princess yang masih merapat di Pelabuhan Yokohama. Laporan itu diumumkan di saat pemerintah Jepang berjanji memperkenalkan langkah-langkah baru untuk mengatasi wabah virus tersebut.

Dalam situs resminya, Kementerian Kesehatan Jepang melaporkan korban meninggal dunia terakhir adalah seorang pria warga Jepang berusia 80-an tahun. Kematian pria itu hanya berselang beberapa hari setelah dua pasien lain yang juga berusia 80-an tahun meninggal, demikian diwartakan Reuters, Senin (24/2/2020).

BACA JUGA: Dua Penumpang Kapal Diamond Princess Meninggal Dunia karena Covid-19

Pemerintah Jepang menghadapi pertanyaan yang berkembang tentang apakah langkah-langkah yang telah diambil cukup untuk menghentikan penyebaran virus yang telah menewaskan lebih dari 2.500 korban di China.

Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan dia akan mengadakan pertemuan para ahli pada Senin dan merumuskan kebijakan dasar untuk mengatasi penyakit Covid-19.

Sebelumnya, pada Sabtu, 21 Februari 2020, Kato menyampaikan permintaan maaf karena otoritas kesehatan Jepang mengizinkan seorang wanita meninggalkan kapal Diamond Princess, sebelum kemudian diuji positif terinfeksi virus korona.

Wanita itu turun dari kapal pada Rabu, 19 Februari 2020, tetapi kemudian dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut di Prefektur Tochigi, utara Tokyo pada Sabtu.

Kato mengatakan bahwa para pejabat gagal menguji dengan benar 23 orang yang meninggalkan kapal, dan kementeriannya berusaha menghubungi mereka untuk diuji ulang.

BACA JUGA: Minta Segera Dievakuasi, WNI Kru Diamond Princess: Kami Ibarat Dibunuh Pelan-Pelan

Kapal Diamond Princess pada awalnya membawa sekitar 3.700 penumpang dan awak yang berasal dari lebih selusin negara. Kantor berita NHK melaporkan telah ada 634 kasus infeksi yang dikonfirmasi di kapal itu, menjadikannya lokasi konsentrasi terbesar penyakit Covid-19 di luar China.

Pada Minggu malam empat kasus baru infeksi virus korona yang ditemukan di Jepang, menjadikan total 773 kasus di negara itu, termasuk kasus-kasus yang dikonfirmasi di kapal.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini