nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditanya soal Penghentian Sementara Umrah, Ini Komentar Kemenag Kota Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 17:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 519 2175131 ditanya-soal-penghentian-sementara-umrah-ini-komentar-kemenag-kota-malang-fk5ddT4p0B.jpg Ilustrasi Ibadah Umrah di Makkah, Arab Saudi (foto: Okezone)

KOTA MALANG - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang tak bisa memberikan banyak informasi pasca pengentian sementara perjalanan umrah oleh Kerajaan Arab Saudi, imbas merebaknya Covid-19 atau virus korona.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Malang, Amsiono mengatakan secara tugas dan fungsi Kemenag Kota Malang tidak memiliki wewenang apapun berhubungan ke sejumlah biro perjalanan haji dan umrah.

Baca Juga: Jamaah Umrah Indonesia di Arab Saudi Diizinkan Beribadah Seperti Biasa 

"Kami dari Kemenag Kota Malang tidak punya job atau Tusi (tugas dan fungsi) untuk itu, karena semua itu dari pusat," ujar Amsiono kepada Okezone, Kamis (27/2/2020).

Situasi Jamarat Lokasi Jamaah Lempar Jumrah 

Bahkan ketika ada surat moratorium pelarangan umrah, Amsiono tak bisa berbuat banyak lantaran Kemenag di Kota Malang belum memiliki tugas dan fungsi terkait pengaturan umrah di daerah.

"Jadi kami Kemenag manapun tidak punya tusi untuk umrah secara khusus, artinya kalau ada apa-apa katanya, seperti surat moratorium itu apa yang harus kami lakukan, kami tidak bisa melakukan apapun karena tidak ada tugas," terangnya.

Pihaknya sendiri telah meminta kepada Kementerian Agama pusat untuk melimpahkan wewenang pengaturan umrah ke Kemenag di daerah masing - masing supaya memudahkan arus informasi kepada masyarakat.

"Ini sudah sering dibicarakan (ke Kemenag pusat) kalau ada apa-apa, saya sudah sering sampaikan ke pusat ayolah diturunkan ke daerah terkait pelaksanaan tusi (tugas dan fungsi) umrah ini. Tapi sampai sekarang belum turun ke daerah, kalau ada seperti ini kami selalu ditanya masyarakat, ya kami tidak bisa jawab," jelasnya.

Baca Juga: KBRI Riyadh Upayakan WNI Pemegang Visa Umrah Bisa Masuk Arab Saudi 

Ia bahkan tak mengetahui berapa jumlah jamaah umrah yang berangkat dari Malang dan berapa jumlah biro perjalanan umrah yang memiliki izin.

"Jumlah jamaah saja kami juga tidak tahu. Apalagi terkait jumlah umrah agensi," tukasnya.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara masuknya jamaah umrah untuk sementara waktu dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, Imbas dari Covid 19 atau virus korona.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini