Gara-Gara Virus Korona, Presiden Tanzania Ganti Jabat Tangan dengan Salam Kaki

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 04 Maret 2020 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 18 2177979 gara-gara-virus-korona-presiden-tanzania-ganti-jabat-tangan-dengan-salam-kaki-A7WWbuk9Vy.jpg Presiden Tanzania John Magufuli bertukar salam kaki dengan politikus oposisi Maalim Seif Sharif Hamad. (Foto: State House Tanzania)

DODOMA - Gedung Negara Tanzania membagikan foto Presiden John Magufuli yang bertukar salam dengan politisi oposisi Maalim Seif Sharif Hamad, dengan mengikuti langkah-langkah baru yang dianjurkan kementerian kesehatan untuk mencegah penyebaran virus korona baru.

Virus korona yang kini dikenal dengan nama Covid-19 itu pertama kali mewabah di China, namun saat ini telah menyebar ke sedikitnya 80 negara di dunia. Laporan terakhir menyebutkan sekira 93.000 kasus infeksi telah dikonfirmasi dengan korban meninggal dunia melebihi 3.000.

BACA JUGA: Covid-19 Menyebar ke 80 Negara, Terbaru: Ukraina, Argentina hingga Chile

Pemerintah di banyak negara dunia, termasuk Tanzania, telah menyarankan orang-orang untuk menghindari memeluk, mencium dan berjabat tangan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Dari foto yang beredar, saran itu tampaknya diikuti oleh Presiden Magufuli dan Sharif Hamad.

BACA JUGA: Virus Covid-19 Dikonfirmasi di Wilayah Afrika Sub-Sahara, Nigeria Laporkan Kasus Pertama

Alih-alih berjabat tangan seperti cara yang biasa digunakan, kedua elite politik Tanzania itu menggunakan kaki mereka untuk bertukar salam, demikian diwartakan BBC, Rabu (4/3/2020).

Sampai saat ini belum ada kasus infeksi Covid-19 yang dilaporkan di Tanzania. Beberapa negara di benua Afrika, yaitu Mesir, Maroko, Tunisia, Nigeria dan Senegal telah melaporkan kasus positif virus korona.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini