Polisi Gagalkan Pengiriman 200 Boks Masker ke Luar Negeri

Herman Amiruddin, Okezone · Rabu 04 Maret 2020 02:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 609 2177754 polisi-gagalkan-pengiriman-200-boks-masker-ke-luar-negeri-MvPrOmNuEu.jpg Ilustrasi Penangkapan (foto: Shutterstock)

MAKASSAR - Dua orang mahasiswa masing-masing inisial J (22) dan rekannya JS (21) ditangkap polisi setelah hendak mengirim paket barang berisi 200 boks masker berbagai merek dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Selandia Baru.

Kanit Reskrim Polsek Ujung Pandang, Iptu Edhi Gunawan mengatakan dua orang mahasiswa yang diduga pengirim barang tersebut diamankan setelah menjalani bisnis penjualan masker ke luar negeri.

Baca Juga: Polisi Gerebek Gudang Penimbunan Masker di Tangerang 

"Mereka baru-baru ini menjalani bisnis penjualan masker ke berbagai negara diduga untuk mengantisipasi virus korona," kata Iptu Edhi kepada wartawan di Kota Makassar, Selasa 3 Maret 2020.

Pengguna Masker Bertambah di Terowongan Kendal 

Saat ini kedua mahasiswa tersebut diamankan untuk menjalani pemeriksaan oleh petugas kepolisian. "Sementara ini kami amankan, statusnya masih saksi dan menjalani pemeriksaan," lanjut dia.

Sementara masker yang akan dikirim tersebut juga ditahan sementara untuk dimanfaatkan bagi warga di dalam negeri, khsusnya warga Makassar.

Seorang mahasiswa, JS mengatakan, dia baru dua pekan ini menjalani bisnis penjualan masker. Untuk tujuan pengiriman kali ini ke Selandia Baru. Pemesannya merupakan WNA di sana yang menghubungi salah satu pelaku meminta stok masker.

"Dia minta, ada masker tidak di sini (Makassar). Saya cek, ternyata ada, saya infokan ke dia dan dia mau. Langsung uangnya ditransfer," ujar JS.

Baca Juga: Penimbun Masker Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara 

Dia mengaku, ada 200 boks masker di dalam paket tersebut. Dia mendapatinya dari lima apotek di Kota Makassar seharga Rp230.000 per boks. Setelah itu, dia ajukan penawaran harga ke pembeli.

"Saya ambil untung Rp5.000 untuk per boks masker," katanya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini