Mantan Sekjen PBB Javier Perez de Cuellar Meninggal Dunia di Usia 100 Tahun

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 18 2178520 mantan-sekjen-pbb-javier-perez-de-cuellar-meninggal-dunia-di-usia-100-tahun-sg33D4lcBI.jpg Javier Perez de Cuellar. (Foto: AFP)

LIMA - Mantan diplomat terkemuka Peru yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Javier Perez de Cuellar telah meninggal dunia di usia 100 tahun. Berita duka itu dilaporkan kantor berita Andina mengutip putra almarhum.

"Ayah saya meninggal setelah beberapa pekan yang rumit (malam ini), dan beristirahat dengan tenang," kata putra sang diplomat, Francisco Perez de Cuellar kepada Andina sebagaimana dilansir Sputnik, Kamis (5/3/2020).

Presiden Peru Martin Vizcarra turut menyampaikan belasungkawa atas kematian Perez de Cuellar melalui Twitter. Vizcarra memuji apa yang telah dilakukan Perez de Cuellar sebagai diplomat.

"Seorang Demokrat yang sepenuh hati, yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk bekerja untuk memperbesar negara kita. Saya menyatakan, atas nama semua rakyat Peru, belasungkawa tulus saya untuk keluarganya," tulis Vizcarra.

Perez de Cuellar memulai karirnya sebagai diplomat pada 1940.

Dia memimpin PBB pada dua masa jabatan dari 1981 hingga 1991 dan menjadi perantara gencatan senjata bersejarah antara Iran dan Irak pada 1988. Perez de Cuellar keluar dari masa pensiun untuk membantu membangun kembali demokrasi di Peru.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini