WNA India Suspect Virus Korona Dirawat di RSUD Mojokerto, Begini Hasil Medisnya

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 519 2178785 wna-india-suspect-virus-korona-dirawat-di-rsud-mojokerto-begini-hasil-medisnya-9ndyzsYFgZ.jpg Suasana Ruang Isolasi RSUD dr Soekandar Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur (foto: Okezone/Avirista Midaada)

MOJOKERTO - Seorang pria warga negara asing (WNA) asal India sedang menjalani perawatan di ruangan isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof dr Soekandar Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Pasien tersebut dirawat karena suspect virus korona (Covid-19).

Direktur RSUD Prof dr Soekandar, yakni dr Djalu mengatakan, WNA asal India berusia 46 tahun tersebut mengalami batuk, pilek dan panas, yang identik dengan gejala virus korona.

Baca Juga: Satu Lagi Jamaah Umrah Dirujuk ke RSMH Palembang, Diduga Tertular Korona 

"Masuknya pasien ini pukul 15.21 WIB kemarin, dengan kondisi batuk, pilek dan panas dan diantar oleh temannya dari perusahaan di daerah Ngoro," kata Djalu saat memberikan keterangan persnya, Kamis (5/4/2020).

RSUD Prof dr Soekandar Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (foto: Okezone/Avirista Midaada)	 

Djalu menjelaskan, dari pemeriksaan medis awal, analisis medis, dan hasil rontgen di paru - paru pasien ada infeksi sehingga menyebabkan batuk.

"Observasi awal seperti sakit batuk, pilek, panas dilakukan rontgen dan hasil rontgen ada infeksi di paru kemungkinan dari batuknya itu lalu kami observasi lebih lanjut," tutur Djalu.

Berdasarkan keterangan dari teman sang pasien, pria ini baru saja pulang dari luar negeri untuk bertemu dengan pimpinan dan kolega perusahaan.

"Dari informasi, satu atau dua minggu bertemu dengan pimpinannya juga WNA India dan timbul gejala itu. Saat ini pasien dirawat di ruang isolasi untuk penanganan yang dicurigai terkait dengan hal-hal penularannya tinggal nanti kami koordinasi dengan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) di Surabaya," bebernya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil laboratorium dari BBLK Surabaya, sementara kondisi sang pasien perlahan - lahan dalam kondisi yang membaik.

"Penanganan yang bersangkutan awalnya langsung disini (RSUD Prof dr Soekandar). Informasinya pasien ini bertemu dengan koleganya di Mojokerto, koleganya itu datang kesini. Untuk lebih lengkapnya nanti dokter spesialis paru yang bisa menjelaskan," tukasnya.

Di sisi lain dokter penanggung jawab atau dokter spesialis paru Gigih Setiawan menyebut, WNA India yang saat ini dalam perawatan merupakan pasien dalam pengawasan bukan penderita korona.

Baca Juga: Demam Sepulang dari Korsel, Satu Keluarga Asal Bengkayang Diisolasi 

RSUD Prof dr Soekandar Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (foto: Okezone/Avirista Midaada)

"Kalau hasil swap negatif ya sudah obati dia sebagai mana pneumonia mungkin sebab dengan yang lain, kalau dia positif barulah disebut conferm corona virus. Pasien ini masuk kategori pasien dalam pengawasan, alhamdulilah dapat laporan dari tadi pagi membaik," bebernya.

Gigih menyebut untuk menangkal virus korona atau pencegahannya hidup bersih dan sehat. "Pencegahannya perilaku hidup bersih dan sehat kayak cuci tangan dengan antiseptik, makan bergizi, istirahat cukup, tidak merokok, hindari tempat keramaian," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini