3 Warga Tapanuli Utara Diisukan Suspect Virus Korona, Ini Faktanya

Robert Fernando H Siregar, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 608 2178655 3-warga-tapanuli-utara-diisukan-suspect-virus-korona-ini-faktanya-6frCNVb2I0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TAPANULI UTARA – Beredar kabar tiga warga di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), suspect virus korona atau Covid-19. Namun informasi tersebut dibantah pihak rumah sakit.

Ketiganya berinisial PS (62) dan dua putrinya, RH (42) dan KRH (26). Diketahui, salah satu putri PS baru pulang kampung setelah bekerja di sebuah kapal pesiar.

Direktur Rumah Sakit Umum Tarutung, dr Janri Nababan mengatakan, PS didiagnosa mengalami infeksi paru. Dia memiliki riwayat sebagai perokok aktif di masa mudanya.

"Hasil pemeriksaan, PS ditemui infiltrat gambaran infeksi paru. Kemudian dilakukan pemeriksaan darah. Kesimpulan sementara, masih negatif Covid-19,"ungkap Janri Nababan, Kamis (5/3/2020).

Janri menjelaskan, seseorang bisa disebut suspect korona, jika ditemukannya infiltrat pneumonia. Untuk PS, kategori itu tidak ditemukan. PS hanya menderita infeksi paru. Kedua putri PS, KRH dan RH juga negative korona.

Baca juga: Demam Sepulang dari Korsel, Satu Keluarga Diisolasi di RS Singkawang

"Namun demikian, hasil koordinasi kita bersama Dinas Kesehatan Taput dan RSUP Adam Malik Medan, memutuskan untuk menerapkan isolasi atas ketiga pasien itu. Masa isolasi dan pemantauan yang diterapkan atas ketiganya hingga 16 Maret 2020. Akan dilakukan dengan observasi per delapan jam setiap hari," kata Janri Nababan.

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Sementara itu, Bupati Taput Nikson Nababan mengungkapkan, Rumah Sakit Umum Tarutung Taput menjadi salah satu RS di Sumut yang menjadi rujukan pasien virus korona.

Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan, terkait sarana dan prasarana.

"Kalau Sumber Daya Manusia (SDM), kita siap. Akan tetapi, hanya SDM kan, tidak cukup. Petunjuk teknis baru kemarin kita dapat, pada saat rapat di Pemerintahan Provinsi Sumut. Namun demikian, kita sudah perintahkan ruangan isolasi di Rumah Sakit Umum Tarutung, agar secepatnya diselesaikan," kata Nikson.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini