Tiga Warga Lebak Melahirkan di Jalan Akibat Puskesmas Jauh

Rasyid Ridho , Sindonews · Selasa 10 Maret 2020 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 340 2181236 tiga-warga-lebak-melahirkan-di-jalan-akibat-puskesmas-jauh-KzGCXkgYdC.jpg (Foto: Istimewa)

LEBAK - Kepala Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten, Dulhani mengatakan, sudah ada tiga kasus ibu melahirkan di jalan. Penyebabnya, jarak puskesmas jauh dan jalan poros desa rusak parah.

"Seingat saya, sudah tiga orang melahirkan di jalan, ada yang di ladang juga pernah tahun lalu. Itu juga melahirkan dalam perjalanan mau ke puskesmas," kata Dulhani, Selasa (10/3/2020).

Dulhani mengatakan, kasus Sari (28), warga Kampung Pasir Sempur, Desa Cibarani, Kecamatan Cirenten, Lebak yang melahirkan anak keduanya di jalan, pada Senin 9 Maret 2020 siang, merupakan kejadian ketiga.

Foto: Istimewa

"Penyebabnya yah kita tidak ada pustu (puskesmas pembantu), ditambah jalannya rusak dari nenek moyang saya," ujar dia.

Baca juga: Heboh Ibu Hamil Melahirkan di Tengah Jalan Rusak

Padahal pihaknya sudah mengajukan proposal pembangunan puskesmas pembantu dan perbaikan jalan ke Pemerintah Kabupaten Lebak, Pemprov Banten hingga ke Kementrian PUPR. Namun, tidak kunjung terealisasi.

"Desa kami kayak bubuk rengginang, enggak diakui sama pemerintah. Setiap tahun mengajukan proposal pembangunan puskesmas sama jalan. Tapi enggak ada tanggapan sama sekali dari Pemda," keluhnya.

Dia menambahkan, warga dengan sukarela sudah menyiapkan tanah wakaf untuk digunakan pembangunan puskesmas pembantu. Hal itu dilakukan agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Supaya kejadian kaya kemarin engga terjadi lagi. Warga saya sampai melahirkan di jalan gitu. Kan miris, kasihan," tandasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini