Share

Serangan Militer Besar Disiapkan Turki, Jika Suriah Langgar Gencatan Senjata

Agregasi VOA, · Kamis 12 Maret 2020 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 18 2182482 serangan-militer-besar-disiapkan-turki-jika-suriah-langgar-gencatan-senjata-uqPfaVmrtH.jpg Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan (Foto: Wikimedia)

ANKARA - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyebut akan melakukan pembalasan besar jika Suriah melanggar perjanjian gencatan senjata di Idlib. Ancaman dari Erdogan disampaikan usai kesepakatan penghentian konflik antara pemerintah Suriah dan pihak oposisi tercapai pekan lalu.

Inisiatif terbentuknya kesepakatan gencatan senjata ini terjadi dengan dorongan dari Rusia dan Turki. Perjanjian itu mengatur penghentian serangan dari darat, laut, dan udara selama tiga bulan mendatang oleh pihak pemerintah Suriah, menuju kawasan yang dikuasai pihak oposisi.

Akibat dari serangan intens yang dilakukan pihak pemerintah Suriah, sebanyak satu juta orang melarikan diri menuju perbatasan Turki. Melansir laman VOA Indonesia, pasukan pemerintah memperoleh kemajuan dalam menggempur baris pertahanan terakhir pemberontak berkat dukungan dari Rusia.

Sebaliknya ribuan tentara Turki dikirim melewati perbatasan, untuk mendukung langsung perlawanan pihak oposisi. Aksi tersebut menimbulkan pertikaian langsung antara angkatan bersenjata Turki dan Suriah, yang jarang terjadi sepanjang sejarah kedua negara tersebut.

Ancaman keras Erdogan terkait perjanjian gencatan senjata sendiri berdasar pada laporan sejumlah pelanggaran kecil, selama hampir sepekan diterapkan. Turki menyebut akan mengawasi perkembangan kesepakatan kedua belah pihak secara seksama sebelum mengambil langkah lebih jauh.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini