Ledakan Bom di Afrin Suriah Tewaskan Sedikitnya 40 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 29 April 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 18 2206509 ledakan-bom-di-afrin-suriah-tewaskan-sedikitnya-40-orang-3L7NRmRima.jpg Foto: Okezone.

ANKARA – Sedikitnya 40 warga sipil tewas, termasuk 11 anak-anak, ketika sebuah bom meledak di Kota Afrin, Suriah utara pada Selasa (28/4/2020). Turki menuding milisi YPG Kurdi di Suriah bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan ledakan itu terjadi di daerah yang ramai di pusat Afrin. Sebuah video yang dibagikan oleh kementerian menunjukkan asap hitam mengepul di udara sementara ambulans dan sirene polisi meraung di latar belakang.

Amerika Serikat (AS) mengutuk serangan tersebut. Juru Bicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus mengatakan serangan itu telah merenggut "nyawa puluhan orang berbelanja di pasar pusat ketika mereka bersiap untuk berbuka puasa Ramadhan."

"Laporan awal menunjukkan banyak korban adalah warga sipil, termasuk anak-anak," katanya dalam pernyataan yang dilansir Reuters, Rabu (29/4/2020). Dia mengulangi seruan AS untuk gencatan senjata nasional di Suriah.

"Tindakan jahat pengecut seperti itu tidak dapat diterima dari pihak mana pun dalam konflik ini."

Ankara memandang YPG sebagai kelompok teroris yang terkait dengan militan Kurdi di negaranya sendiri dan telah meningkatkan operasi militer di Suriah utara untuk mendorongnya kembali dari perbatasan.

Militer Turki dan sekutu pemberontak Suriahnya merebut Afrin, distrik yang sebagian besar orang Kurdi, dari YPG pada Maret 2018 dalam serangan besar-besaran.

Ledakan pada Selasa adalah salah satu yang paling mematikan untuk menghantam suatu wilayah di bawah kendali pasukan yang didukung Turki. Ankara sering menyalahkan YPG atas serangan itu, sementara milisi mengatakan mereka tidak menargetkan warga sipil. (dka)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini