Satu Pasien yang Dirawat di RSD Gunung Jati Cirebon Positif Covid-19

Fathnur Rohman, Okezone · Sabtu 14 Maret 2020 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 14 525 2183445 satu-pasien-yang-dirawat-di-rsd-gunung-jati-cirebon-positif-covid-19-MnJkhxAEOQ.jpg Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis (kanan). (Foto : Okezone.com/Fathnur Rohman)

CIREBON – Salah satu pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati, Kota Cirebon, Jawa Barat, dinyatakan positif terjangkit virus korona (Covid-19). Pasien tersebut diketahui merupakan pasien bernomor 10 (nomor urut pasien yang dirawat).

Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, membenarkan kabar tersebut. Ia pun langsung bergerak cepat dengan melakukan rapat terbatas.

Dalam rapat terbatas itu dirinya mengundang sejumlah pejabat yang ada di Pemerintah Kota Cirebon untuk menyiapkan langkah-langkah setelah diketahui ada satu pasien yang positif terpapar Covid-19 di RSD Gunung Jati.

"Memang benar ada pasien positif korona yang dirawat di Rumah Sakit Gunung Jati. Kami akan bentuk command center agar informasinya terarah," kata Azis saat ditemui Okezone di rumah dinasnya, di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sabtu (14/3/2020).

Ia menjelaskan, kondisi pasien bernomor 10 itu sudah membaik. Ia mengimbau masyarakat di Kota Cirebon tidak perlu panik dan takut dengan munculnya kabar tersebut. Azis meminta supaya masyarakat lebih fokus melakukan pencegahan dini, terkait penyebaran virus korona.

Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, mengumpulkan pejabat membahas pasien positif korona (Foto : Okezone.com/Fathnur Rohman)

"Maka kami Pemkot ingin segera melakukan upaya pencegahan penyebaran virus korona. Kami membicarakan langkah-langkah untuk persiapan nanti. Masyarakat tidak perlu panik dan takut menghadapi ini," ujar Azis.

Di tempat yang sama, Direktur RSD Gunung Jati, dr Ismail Jamaludin memaparkan, pasien positif korona tersebut merupakan salah satu dari lima pasien yang dirawat di ruang isolasi. Ia memastikan, jika pasien bernomor 10 ini kondisinya sudah membaik.

"Dia dinyatakan positif setelah hasil swabnya dikirim ke Balitbangkes Kemenkes lima hari lalu. Kondisinya membaik," tuturnya.


Baca Juga : Pemerintah Benarkan Adanya Tenaga Medis Terjangkit Korona

Masih kata Ismail, saat ini ada lima pasien yang dirawat di ruang isolasi RSD Gunung Jati. Satu di antaranya positif terjangkit virus koroma. Empat lainnya adalah pasien dalam pengawasan (PDP). Ia tidak bisa menyebutkan identitas pasien tersebut. Sebab hal itu adalah privasi pasien.

"Total ada lima pasien. Satu positif. Empat lainnya pasien PDP. Kami pastikan kondisinya membaik," tuturnya.


Baca Juga : Cerita ABK World Dream yang Diobservasi di Pulau Sebaru

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini