2 Pasien Pengawasan Corona di Malang Meninggal Dunia

Avirista Midaada, Okezone · Senin 16 Maret 2020 22:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 519 2184355 2-pasien-pengawasan-corona-di-malang-meninggal-dunia-7m5TYpBBJy.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

MALANG - Dua orang pasien dalam pengawasan virus corona atau Covid-19 asal Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur meninggal dunia setelah dirawat intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Malang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo mengatakan, dua orang yang meninggal merupakan pasien dalam pengawasan corona yang dirawat usai bepergian ke salah satu negara yang terjangkit corona.

"Dua pasien yang meninggal karena suspect corona, satu di antaranya dinyatakan negatif, satunya masih menunggu hasil sampel spesimen (hasil laboratorium terkait positif corona atau bukan)," ucap Arbani kepada media, Senin (16/3/2020) di RSUD Kepanjen.

Menurutnya, kedua orang yang masuk pengawasan pasien terduga corona masih dalam satu keluarga, yakni mertua dan menantunya. "Keduanya warga Dau masih satu keluarga, merupakan mertua dan menantunya," ujarnya.

Ilustrasi Foto: Ist

Di Kabupaten Malang sendiri berdasarkan data yang diterima Dinkes ada sekitar 90 pasien dalam kategori pemantauan diduga terjangkit virus korona. Namun, dari jumlah tersebut, hanya beberapa yang statusnya naik menjadi pasien dalam pengawasan (PDP).

"Kalau jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang tidak meninggal dunia ada dua orang, kedua pasien ada di RST Soepraoen, sedangkan yang ODP (Orang Dalam Pemantauan) di data kami ada 90-an orang," kata Arbani.

Dari 90 orang yang masuk orang dalam pemantauan (ODP) terkait korona yakni warga Turen dan Donomulyo, di mana keduanya bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan.

Kedua majikan dari TKI tersebut sempat dinyatakan positif terjangkit korona, sehingga saat tiba di Kabupaten Malang langsung dikarantina.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini