nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Kondisi 2 Warga Kalbar Positif Virus Corona

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 18 340 2185326 begini-kondisi-2-warga-kalbar-positif-virus-corona-uamkVXijkB.jpg Ilustrasi ruang isolasi rumah sakit. (Foto: Okezone.com)

PONTIANAK - Kondisi dua pasien yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Kalbar semakin membaik. Warga Kota Pontianak dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedarso, sedangkan warga Kota Singkawang dirawat di RSUD dr Abdul Aziz.

"Pasien positif Covid-19 di Soedarso sudah dalam tahap penyembuhan dan kondisinya semakin membaik. Semoga segera sembuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson, Rabu (18/3/2020).

Pria 34 tahun itu masih dalam pengawasan tim medis. Jika dalam pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif dua kali berturut-turut, maka pasien dinyatakan sembuh dari virus corona dan diperbolehkan pulang.

"Pasien nampak sudah jalan-jalan di kamar ruang isolasi. Tapi pintu ruangan tetap dikunci agar tak keluar," ucapnya.

Infografis Okezone.

Pasien ini pulang dari Kuala Lumpur, Malaysia pada 8 Februari 2020. Dia kembali ke Pontianak pada 15 Februari 2020. Pada 29 Februari, pasien mulai sakit flu. Lalu pada 4 Maret masuk Rumah Sakit (Swasta) Kharitas Bakti dengan keluhan batuk, demam dan sedikit sesak.

Baca juga: Presiden Jokowi Mendadak Cek Ketersediaan Pangan di Gudang Bulog

Pasien kemudian di-rontgen. Hasilnya, tidak ada pneumonia, namun didiagnosis ISPA. Sehingga, pasien dalam pemantauan Covid-19. Kemudian, pada 10 Maret, pasien mengalami batuk sedikit sesak serta diare.

Sejak itulah, statusnya ditingkatkan menjadi pasien dalam pengawasan (PDP). Pasien kemudian dirujuk dan dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soedarso. Pada 14 Maret dinyatakan positif corona.

Sementara itu, Selasa 17 Maret 2020, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan resmi mengkonfirmasi ada penambahan jumlah pasein positif Covid-19.

Pasien baru adalah warga Kota Singkawang. Dia memiliki riwayat bekerja sebagai penjaga konter ponsel di Sarawak, Malaysia. Kemudian kembali ke Kalimantan Barat melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, 9 Maret.

Harisson mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium oleh Balitbangkes Kemenkes, pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pasien tersebut seorang pria berusia 19 tahun memiliki riwayat batuk dan sesak napas. Kondisi pasien saat ini menuju sehat, tidak ada lagi sesak napas," ucapnya.

Kondisi kedua pasien sudah membaik dibenarkan oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. "Kondisi kedua orang positif covid 19 di Kalbar semakin baik, semoga cepat sembuh," tulis Sutarmidji di akun fanpage-nya @Bang Midji, Rabu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini