nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua RS di Padang Rawat Empat PDP Corona

Rus Akbar, Okezone · Senin 23 Maret 2020 12:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 23 340 2187609 dua-rs-di-padang-rawat-empat-pdp-corona-Qat1LjgBio.jpg RSUP M Djamil Padang. (Foto : Okezone.com/Rus Akbar)

PADANG – Empat pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (Covid-19) di Kota Padang, Sumatera Barat, masih diisolasi. Tiga pasien diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang dan satu di RS Semen Padang.

Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Padang, Barlius menjelaskan, keempat pasien yang diisolasi tersebut masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Data terakhir yang kita dapatkan kemarin sore itu, tiga pasien itu dirawat di ruang isolasi RSUP M Djamil Padang dan satu di Rumah Sakit Semen Padang, keempatnya itu statusnya pasien dalam pengawasan (PDP). Belum ada hasil apakah itu positif atau negatif,” katanya, Senin (23/3/2020).

Tak hanya itu, saat ini di Kota Padang ada 19 warga masuk kategori orang dalam pemantauan (OPD). “Mereka akan terus kita pantau, apakah memiliki gelaja demam, batu, hingga sesak napas. Jika ada gejala itu tim kita akan bertindak,” tuturnya.

Ilustrasi (Shutterstock)

Selain itu, sebanyak 473 orang berstatus pelaku perjalanan terjangkit (PPT). Mereka datang dari 20 daerah yang terjangkit corona di Indonesia.

“Rencana selanjutnya akan dibangun posko di wilayah perbatasan dalam pengawasan agar Covid-19 tidak masuk ke daerah kita," tuturnya.


Baca Juga : Cegah Covid-19, Wali Kota Padang Instruksikan Bioskop hingga Diskotek Tutup

Untuk antisipasi jika pasien corona membeludak, pihaknya mewacanakan mempersiapkan pulau hingga rumah susun sewa sebagai lokasi penanganan Covid-19.

“Itu kalau lokasi isolasi rumah sakit rujukan dipenuhi pasien. Itu baru wacana. Hari ini akan kita rapatkan,” tuturnya.

Baca Juga : APD Minim, Pasien Corona di Jayapura Akan Dirawat Melalui Video Call

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini