nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bendung Penyebaran Corona, Finlandia Lockdown Wilayah Ibu Kota

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 17:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 18 2189455 bendung-penyebaran-corona-finlandia-lockdown-wilayah-ibu-kota-Fhfi2F9vnG.jpg Ilustrasi suasana kota Helsinki Finlandia (Foto: Wikimedia)

HELSINKI - Pemerintah Finlandia memutuskan untuk melakukan pembatasan kegiatan untuk wilayah Uusimaa dekat Ibu Kota Helsinki selama tiga pekan. Keputusan itu dikeluarkan pada Rabu 25 Maret 2020 dengan tujuan membendung penyebaran virus corona (COVID-19) di negara tersebut.

Perjalanan menuju atau dari wilayah Uusimaa, dilarang dengan pengecualian khusus, serta akan diterapkan secara penuh sejak Jumat 27 Maret 2020.

Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin menetapkan, sejumlah pengiriman barang maupun perjalanan komuter berkaitan dengan pekerjaan akan mendapat izin.

Keluarnya pembatasan perjalanan tersebut disebabkan adanya perkiraan lonjakan kasus penyebaran virus corona (COVID-19) dalam waktu mendatang.

Otoritas kesehatan setempat menghitung potensi jumlah pasien baru bisa mencapai 11 ribu hingga 15 ribu orang.

Sementara jumlah pasien dengan kebutuhan perawatan intensif diprediksi menyentuh kisaran 3.600 hingga 5.000 orang. Angka itu melebihi catatan kasus infeksi virus corona di Finlandia saat ini yakni sebanyak 880 orang, dengan lebih dari separuhnya berasal dari wilayah Uusimaa.

"Langkah ini penting karena harus ada perhitungan serta antisipasi munculnya pasien baru dengan kapasitas maksimal fasilitas kesehatan yang ada saat ini. Risiko penyebaran penyakit ini terbilang luar biasa," kata Menteri Urusan Keluarga dan Layanan Sosial Finlandia, Krista Kiuru, menyitir Reuters, Kamis (26/3/2020).

Wilayah sekitar Helsinki, termasuk Uusima, menjadi asal mayoritas pasien tertular positif COVID-19 di Finlandia. Kawasan yang sama juga berkontribusi pada catatan korban meninggal dunia akibat virus pemicu infeksi saluran pernapasan itu, yakni sebanyak 3 orang.

Beragam cara juga dilakukan Finlandia dalam sepekan terakhir, untuk menanggulangi penyebaran virus corona tersebut. Antara lain menutup garis perbatasan dengan negara lain, melarang pertemuan publik dengan peserta di atas 10 orang, serta meliburkan kegiatan sebagian besar sekolah.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini