nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TKI Pulang dari Malaysia, Gubernur Riau Percayakan Pemkot Dumai Antisipasi Corona

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 17:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 26 340 2189435 tki-pulang-dari-malaysia-gubernur-riau-percayakan-pemkot-dumai-antisipasi-corona-kyG4Bagp82.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

PEKANBARU - -Kota Dumai menjadi satu-satunya wilayah di Riau yang jadi tempat pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia. Pemprov Riau pun mempercayakan antisipasi penanganan virus corona atau covid-19 yang tengah mewabah ke Pemkot Dumai.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan para TKI dari Malaysia ke Dumai dipulangkan dengan menggunakan kapal. Per harinya, akan ada 200 sampai 300 TKI yang menuju Riau. Jika nanti suhu tubuh 38 derajat, para TKI lansung dikarantina.

"Kita percayakan kepada Wali Kota Dumai untuk ruangan isolasi mereka yang nanti saat pulang dari Malaysia suhu tubuh 38 derajat. Jika ada penambahan ruang isolasi Wali Kota Dumai segera mempersiapkan sarana dan prasananya," kata Gubernur Riau, Kamis (26/3/2020).

Selain itu, Pemprov Riau juga telah meminta rumah sakit milik perusahaan minyak yang beroperasi di Dumai untuk turut membantu dalam sarana dan prasarana penanganan covid-19.

"Kita minta Chevron Pacifik Indonesia untuk turut membantu penanganan covid-19," harap Gubernur Riau.

Untuk mekanismenya setelah para TKI sampai di Dumai, mereka langsung diperiksa medis. Apabila suhu tubuhnya normal bisa langsung pulang ke kampung halaman. Mereka akan diberikan kartu HAC atau kartu tanda sudah diperiksa tim kesehatan. Sementara jika 38 derajat, langsung dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga : Berusaha Hindari Corona, Wartawan Okezone Naik Motor dari Cibinong ke Jakarta

Syamsuar menyebut, para TKI tidak hanya dari Riau saja, tapi dari banyak daerah seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat dan lainnya. Untuk pemulangan memang dibutuhkan ke hati-hatian. Terkait pemulangan, Pemprov Riau sudah melakukan kordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

"Mekanisme pemeriksaan para TKI sesuai protap (prosedur tetap). Pemulangan dilakukan dalam waktu dekat. Kita terus berkordinasi dengan pihak kementerian," ucapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini