nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

27 Orang di Sulsel Postif Virus Corona

Herman Amiruddin, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 07:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 609 2189656 27-orang-di-sulsel-postif-virus-corona-qhUMYNlZ9a.jpg (Foto: Okezone.com/Herman A)

MAKASSAR - Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman bekerja dari rumah (work from home), untuk memantau penanganan virus corona (Covid-19) yang kian merebak di wilayahnya.

Data terakhir hingga Kamis 26 Maret 2020, terdapat 27 kasus pasien positif corona di Sulsel.

Melalui video conference dengan bupati dan wali kota, Gubernur dan Wagub Sulsel membahas progres pencegahan, pengendalian dan penindakan penyebaran Covid-19 di masing-masing daerah. 

Dibahas juga perkembangan enanganan oang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Selanjutnya perihal pemetaan kebijakan bersama, termasuk isu-isu yang dihadapi, seperti arus penduduk masuk dan keluar melalui laut, udara dan darat.

(Foto: Okezone.com/Herman A)

Selain itu juga dibahas optimaliasi pencegahan corona dengan bekerja dari rumah. Bagi yang harus tetap bekerja diminta menerapkan physical distancing.

Baca juga: Pandemi Virus Corona, Stok Darah PMI Jakarta Berkurang hingga 90 Persen

Andi Sudirman mengatakan, melalui rapat tersebut, pihaknya ingin memastikan kondisi sumber daya manusia, baik dokter maupun perawat di sejumlah daerah. 

"Pemerintah Kabupaten/Kota harus melakukan pemetaan penyebaran. Tim siaga untuk tracing ODP, test PDP dan penindakan PDP dan (pasien) positif dengan menyiapkan alat kesehatan yang memadai serta ambulans khusus," katanya.

Ia pun berharap pemerintah kabupaten/kota menjaga kebutuhan masyarakat ekonomi kecil.

"Saya rasa karena ini parsial slow down aktivitas masyarakat, maka perlu dilakukan self quarantine bagi arus penduduk masuk. Dan pemenuhan kebutuhan harian bagi masyarakat berpendapatan tidak tetap, warga miskin atau ekonomi kecil terdampak kebijakan ini untuk diperhatikan," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini